Wow!! Drone Bisa Menyemburkan Api

BABAT POST – Pasti sudah tak asing lagi jika mendengar kata “drone”. Yup Drone merupakan sebuah pesawat kecil tanpa awak yang bisa dijalankan menggunakan remote. Penduduk kota besar tentunya pernah melihat sampah yang tersangkut di tiang listrik atau kabel listrik. Seperti sampah layangan, plastik, balon dan lain sebagainya.

Membersihkan sampah-sampah tersebut adalah hal berbahaya karena mengundang risiko sengatan listrik, selain sulit dijangkau.  Nah, ketimbang mempertaruhkan nyawa petugas, sebuah perusahaan listrik di Xiangyang, China, berinisiatif memakai drone yang dipasangi penyembur api (flame thrower) untuk membakar sampah di tiang atau kabel listrik.

Read More
Berita Terkait :  Intel pamerkan Drone paling canggih di CES 2016

Drone yang dipakai adalah model S1000+ buatan DJI. Wahana terbang nirawak dengan delapan baling-baling itu dipasangi perlengkapan penyembur api yang beratnya 11 kg dan dikendalikan lewat radio control 14 kanal. Dengan api yang panasnya mencapai 400 derajat celsius, sampah pun bisa dibersihkan dalam waktu singkat. Kabel listrik sendiri tak mengalami kerusakan karena terbuat dari baja berlapis aluminium.

“Sampah-sampah yang biasanya terbuat dari plastik itu akan langsung terbakar,” ujar Zhang Han, salah satu penanggungjawab maintenance kabel listrik di perusahaan yang bersangkutan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Mashable, Selasa (20/2/2017).

Perusahaan-perusahaan listrik di daerah lain di China, seperti Sichuan, Anshun, dan Hangzhou, kabarnya telah menerapkan metode serupa dengan drone untuk membersihkan kabel-kabel listrik dari sampah yang mengganggu.Pemanfaatan drone kini kian beragam. Salah satunya, kini drone dipakai untuk membantu membersihkan sampah pada saluran listrik.

Berita Terkait :  4 Aplikasi Terbaik Untuk Menjaga Kesehatan Baterai Android

Perusahaan listrik Tiongkok memanfaatkan fleksibilitas pesawat tak berawak itu untuk menjalankan tugas bersih-bersih tersebut. Dikutip dari Sputnik, Senin, 20 Februari 2017, perusahaan Tiongkok menerbangkan drone yang dilengkapi dengan perangkat penyembur api untuk membersihkan sampah di Xiangyang, Tiongkok.

Kemudian drone terbang mendekati sampah yang menyangkut di jaringan listrik. Begitu posisinya dekat, drone langsung menyemburkan sampah tersebut dengan api sampai hilang dengan mengeluarkan asap hitam.
Selain membersihkan sampah yang tersangkut pada saluran listrik, drone tersebut juga dipakai untuk membersihkan puing-puing misalnya sepatu, pas plastik dan sampah lainnya, yang menyangkut pada saluran listrik.

Berita Terkait :  Pengertian Bitcoin, Mata Uang Yang Digunakan Untuk Membayar Jika Terkena RansomWare

Pelibatan drone dalam pembersihan sampah di saluran listrik dianggap akan membantu dan menekan risiko jatuhnya korban. Sebelum penggunaan drone penyembur api, untuk membersihkan sampah pada saluran listrik menggunakan metode konvensional, yakni tenaga manusia dengan tongkat dan alat bantu lainnya. Cara ini terbilang berbahaya, sebab saluran listrik bertegangan tinggi.

Penggunaan drone penyembur api ini bukan pertama kalinya. Sebelumnya pada 2015, Nebraska-Lincoln University, Amerika Serikat mengembangkan drone yang mampu mengendalikan api dalam membersihkan rumput di Homestead National Monument of America, Nebraska.

Related posts