Internet Perbatasan Bakal Jadi Tambahan Proyek Palapa Ring

BABAT POST – Rudiantara sebagai Menkominfo bakal menyertakan sebuah layanan internet perbatasan sebagai tambahan proyek Palapa Ring. Hal tersebut bertujuan untuk agar pemerintah dapat memperluas akses telekomunikasi di daerah-daerah yang jauh dari pusat perkotaan.

Pembangunan internet cepat Palapa Ring di perbatasan bisa lebih cepat rampung didukung dengan langkah pembangunan jalan yang dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Salah satunya adalah rencana Kementerian PUPR yang akan membangun jalan paralel dengan perbatasan dari Barat ke Timur di wilayah Kalimantan. Setelah selesai, Kementerian Kominfo bisa membangun serat optik untuk proyek Palapa Ring di area perbatasan tersebut.

Berita Terkait :  Tahukah Kamu, Jika HomePod Lebih Ditunggu Ketimbang Apple Watch

“Nanti (internet perbatasan) akan saya tambahkan ke adendum Palapa Ring, sehingga kita benar-benar bisa fokus ke perbatasan,” tutur Rudiantata saat ditemui di acara Visi Indonesia Sentris: Pemerataan di Papua, Minggu (5/3/2017). Dijelaskan pria yang akrab disapa Chief RA itu, jumlah menara telekomunikasi Base Transceiver Station (BTS) di perbatasan terus bertambah. Bukan hanya untuk warga sekitar, tetapi juga termasuk BTS khusus untuk pos pengamanan perbatasan.

“Saya sampaikan bahwa di Papua, sudah live 120 BTS khusus dan fokusnya memang ke perbatasan,” jelasnya. Rudiantara mengatakan bahwa pembangunan proyek Palapa Ring bisa berjalan lebih cepat, jika bekerja sama dengan kementerian lain, khususnya Kementerian PUPR. Kementerian yang dipimpin oleh Basuki Hadimuljono itu saat ini tengah agresif membangun jalan di berbagai wilayah Indonesia, termasuk Papua dan Papua Barat.

Berita Terkait :  Candaan Google Sambut April Mop di Tahun 2017

“Ketika tim Pak Basuki (Menteri PUPR) bangun jalan, saya (Kementerian Kominfo) nebeng di pinggirnya bangun ducting (fiber optik). Sinergi kementerian harus didahulukan, sehingga pekerjaan menjadi lebih efisien dan terintegrasi,” jelas Chief RA.

Adapun Palapa Ring, merupakan proyek infrastruktur telekomunikasi berupa pembangunan serat optik di seluruh Indonesia sepanjang 36.000 kilometer. Proyek itu terdiri atas tujuh lingkar kecil serat optik untuk wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Papua, Sulawesi, dan Maluku, serta satu backhaul untuk menghubungkan semuanya. Proyek ini akan menjangkau 440 kota/kabupaten di seluruh Indonesia.

Berita Terkait :  Cara Cepat dan Mudah aktifkan settingan 4G indosat di Smartphone Android

Jaringan telekomunikasi ini akan menjadi tumpuan semua penyelenggara telekomunikasi dan pengguna jasa telekomunikasi di Indonesia, serta terintegrasi dengan jaringan yang telah ada milik penyelenggara telekomunikasi. Pemerintah menilai akselerasi pertumbuhan dan pemerataan pembangunan sosial ekonomi melalui ketersediaan infrastruktur jaringan telekomunikasi berkapasitas besar yang terpadu, bisa memberikan jaminan kualitas internet dan komunikasi berkualitas tinggi, aman, dan murah.

Comments
Memuat...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More