Home Berita Nasional Pemprov Bali Turut Pantau Jalannya USBN Hari Pertama

Pemprov Bali Turut Pantau Jalannya USBN Hari Pertama

17
0

babatpost.com – Pelaksanaan Ujian sekolah berstandar Nasional atau USBN berjalan mulai hari ini 20 Maret hingga 23 Maret Mendatang di Bali Dan seluruh kawasan di Indonesia.

Wakil Gubernur Bali, Ketut Sudikerta memantau pelaksanaan USBN di SMA Negeri 1 Abiansemal dan SMA N 1 Gianyar, Senin (20/3). Menurutnya, pelaksanaan ujian hari pertama ini sudah berjalan tertib dari sisi siswa dan pengawasnya. “Persiapan sekolah menyambut USBN juga sudah baik, terlihat dari keberadaan soal dan tidak kekurangan lembar jawaban soal,” kata Sudikerta di Denpasar, Senin (20/3).

Sebanyak 25 persen soal ujian kali ini dibuat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta. Sudikerta mengatakan tujuan USBN untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di sekolah untuk mata pelajaran tertentu mengacu pada standar kompetensi lulusan untuk memperoleh pengakuan atas prestasi belajarnya.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Abiansemal, I Made Kupasada mengatakan persiapan praujian sudah dilakukan jauh hari. Sekolah menggelar kelas tambahan kepada siswa dan melaksanakan uji coba ujian di kelas agar para siswa siap mengikuti USBN dan Ujian Nasional (UN) April mendatang. “Ada 473 siswa kelas 12 yang mengukuti ujian kali ini, terdiri dari 225 siswa laki-laki dan 248 siswa perempuan,” kata Kupasada.

Dari total siswa tersebut, sebanyak 62 siswa masuk program Bahasa, 121 siswa IPS, dan 290 siswa IPA. Mata pelajarann yang diujikan pada hari pertama adalah Pendidikan Agama dan Budi Pekerti yang di mulai dari pukul 7.30-9.30 WITA dan Biologi (IPA), Geografi (IPS), Antropologi (Bahasa) yang dimulai dari pukul 10.00-12.00 WITA.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Gianyar, Wayan Sudra Astra mengatakan pelaksanaan USBN di sekolahnya diikuti 399 siswa. Jumlah tersebut terdiri dari 125 siswa laki-laki dan 124 siswa perempuan dari dua program jurusa, IPA dan IPS. “Harapan kami seluruh siswa bisa mengikuti USBN dengan baik sebagai acuan UN pertengahan April mendatang,” katanya.