Beranda Gaya Hidup Kesehatan Sperma Manusia Menurut Al – Quran

Sperma Manusia Menurut Al – Quran

85
0

Babatpost.com – Kehamilan pada manusia terjadi karena adanya proses pembuahan yang melibatkan pertemuan antara sel sperma dan sel telur. Pembuahan yang berhasil tersebut akan menjadi janin dan tumbuh berkembang didalam janin seorang ibu.

Dalam buku ‘Alquran vs Sains Modern menurut Dr Zakir Naik’ karya Ramadhani dkk dijelaskan, Alquran menyebutkan beberapa kali tentang nutfah. Nutfah berarti tetesan air yang sangat kecil atau sejumlah kecil air.

“Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kukuh (rahim),” Surah Al-Mu’minun ayat 13. Mulanya, banyak yang mengira bahwa air mani secara keseluruhan yang membuahi sel telur, tetapi faktanya tidak demikian. Setiap ejakulasi, setidaknya terdapat kurang lebih 200 juta-300 juta sel sperma.

Jumlah yang besar ini dibutuhkan karena sebagian besar akan mati dalam perjalanan dan relatif sedikit yang berhasil menuju sel telur atau sekira 1.000 sel.

Di antara yang berhasil mencapai sel telur tersebut, hanya satu yang bisa membuahi sel telur. Artinya, manusia berasal dari satu bagian kecil dari air mani atau disebut nutfah. “Maka hendaklah manusia memerhatikan dari apakah dia diciptakan? Dia diciptakan dari air yang dipancarkan, yang keluar dari antara tulang sulbi laki-laki dan tulang dada perempuan,” Surah Ath-Thariq ayat 5-7.

Ayat di atas menjelaskan bahwa Allah telah menciptakan manusia dari air yang dipancarkan, yang keluar dari antara tulang sulbi dan tulang dada. Di zaman sekarang, dalam tahap embrio, sains memberi tahu bahwa organ kemaluan manusia, testikel pada pria, dan ovarium pada perempuan mulai berkembang di sekitar ginjal, antara sumsum tulang belakang dan tulang rusuk ke-11 serta ke-12. Seiring perkembangannya, mereka turun, ovarium berhenti di panggul, sementara testis pada pria turun menuju skrotum.

Setelah penurunan itu, pada kehidupan orang dewasa, mereka masih mendapat suplai syaraf dan tempat yang sama, yaitu di antara tulang belakang dan rusuk. Dengan kata lain, tulang sulbi merupakan tempat di mana keluarnya pembuluh darah yang memberikan darah kepada testis dan ovari terletak antara tulang sulbi dan tulang dada, yaitu pembuluh darah vesticular artery dan ovary artery bermula dari satu tempat antara tulang sulbi dan tulang dada.