Beranda Teknologi Gadget Cara Menyembunyikan Data Rahasia Menggunakan Pemindai Wajah Di Android

Cara Menyembunyikan Data Rahasia Menggunakan Pemindai Wajah Di Android

10
0

BABAT POST – Apakah kamu ingin meyembunyikan data rahasia di Smartphone kamu? cara mengunci aplikasi Android dengan cara yang lebih keren dan metode penguncian yang berbeda. Bukan menggunakan password, PIN, ataupun Fingerprint. Menariknya, aplikasi yang bernama IObit Applocksini menawarkan metode penguncian menggunakan metode ‘pemindai wajah’. Penasaran? Simak ulasan Jaka selengkapnya ya!

Menjaga keamanan data merupakan hal yang paling utama bagi pengguna gadget. Sebab di dalam gadget, biasanya tersimpan banyak data penting, entah data urusan pekerjaan ataupun data pribadi pengguna.

Salah satu solusinya, bisa dengan menggunakan aplikasi bernama IObit Applocks. Aplikasi ini gratis, mudah untuk digunakan, dan juga menawarkan fitur yang lebih terjamin keamanannya. Bagi yang penasaran, yuk cek langsung caranya menggunakannya di bawah ini.

  • Langkah pertama, unduh aplikasi IObit Applock lewat Google Play Store. Setelahnya, segera instal.
  • Langkah kedua, saat pertama kali membuka aplikasi, kita akan diminta untuk mengatur password dan email sebagai keamanan cadangan, lalu klik “blind” untuk menyelesaikannya. Untuk versi Android 5.0 keatas mungkin akan diminta untuk memberikan izin akses untuk mengakses data, ikuti saja langkah ini sampai selesai. Jangan lupa centang kotak di samping untuk memberikan izin otomatis pada aplikasi.
  • Langkah ketiga, setelah membuat keamanan cadangan adalah mengaktifkan akses administrator untuk aplikasi. Cara ini dilakukan agar aplikasi tidak mudah di-uninstall oleh orang lain. Cara mengaktifkannya, buka menu aplikasi, kemudian pilih “Security Center”, tap pilihan tersebut dan selanjutnya aktifkan fitur “Avoid Being Uninstalled”. Fitur tersebut akan membuat aplikasi tidak akan mudah dihapus begitu saja tanpa persetujuan pemilik.
  • Langkah keempat, waktunya untuk mengunci aplikasi dan mengaktifkan fitur face scanning. Kembali ke layar utama untuk memilih aplikasi yang ingin dikunci. Kemudian geser ke bawah untuk menyegarkan daftar aplikasi. Setelah itu, kita bisa temukan tiga ikon di sebelah aplikasi yang terkunci. Untuk mengaktifkan face scanning, cukup tekan ikon pertama yang bergambar wajah. Selanjutnya, cukup ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi IObit Applock. Untuk mengunci aplikasi yang lain caranya juga sama.
  • Langkah kelima, sekarang ketika membuka aplikasi yang dikunci oleh aplikasi IObit Applock, kita akan disambut oleh layar pemindai wajah. Untuk membuka aplikasi, kita harus mencocokkan wajah pada overlay di layar, kemudian tunggu beberapa detik sampai aplikasi terbuka. Jangan khawatir apabila pemindai wajah tidak bekerja maksimal, karena kita tetap diberi pilihan untuk membuka kunci dengan metode pattern code atau yang lainnya.

Bagaimana? Mudah dan praktis kan cara menggunakannya? Aplikasi IObit Applock ini sudah diunduh lebih dari 100 ribu pengguna di Google Play Store dan memiliki rating tinggi dengan nilai rata-rata 4,5. Kesimpulannya, IObit Applock adalah aplikasi terbaik yang bisa kita pilih untuk melindungi data dan aplikasi yang rahasia. Semoga bermanfaat. Kamu pernah mencobanya? Silakan share pengalaman kamu mencoba aplikasi ini di kolom komentar di bawah ini ya!