Terbongkar Alasan Sebaiknya Jangan Pakai Google Lagi!

BABAT POST – Google selalu melacak setiap penelusuran yang kita lakukan, dengan melakukan hal tersebut Google berdalih ingin menciptakan sistem periklanan yang sesuai dengan minat masing-masing individual. Lalu apa yang dikhawatirkan kemudian? Tentu saja, dalam hal ini Google akan menjadi lebih banyak tahu kebiasaan penelurusan setiap penggunanya lebih dari yang bisa kita bayangkan.

Privasi

Sistem periklanan yang lebih user-friendly dan tepat sasaran. Mungkin setiap pengguna tidak keberatan karena belum menyadarinya. Kita tahu selama ini kemunculan iklan selalu menganggu, maka dari itu mereka menganggap langkah Google ini hanya suatu hal yang biasa dan tidak mengganggu privasi mereka, itu salah besar.

Read More
Berita Terkait :  Trump Serukan Anti-imigran, Google Minta Karyawannya Pulang ke AS

Faktanya, Google mengumpulkan informasi bukan hanya melalui data pencarian atau penelurusan. Melainkan mereka juga mengumpulkannya melalui beberapa layanan yang mereka miliki. Selengkapnya lihat berikut ini.

  • Email yang dikirim dan diterima melalui layanan GMAIL
  • Kontak dan daftar acara di Kalender
  • Foto yang diunduh dan diunggah
  • Google dokumen, spreadsheet, dan slide yang tersimpan di layanan Drive.
  • Video yang ditonton.
  • Browser, Android, Lokasi GPS, Wi-Fi

Ambil Kembali Privasi yang Diambil

Mungkin saat ini Google sudah mendarah daging dalam diri kita. Sulit melepas kebiasaan tersebut mengingat banyak sekali layanan Google yang sudah kita gunakan saat ini. Meskipun begitu, apakah kita tidak bisa lagi kemudian mengambil privasi yang telah diambil tersebut? Tentu saja bisa.

Berita Terkait :  Robot terbaru Nasa ini siap diberangkatkan ke Mars

Pertama bagi pengguna browser Chrome, tentu mulai sekarang kita jangan lagi menggunakannya. Ada banyak beberapa pilihan alternatif populer yang bisa kita pilih. Kemudian, jangan lagi gunakan pencarian Google. Sebagai alternatif pilihlah mesin pencari yang tidak melacak penelurusan penggunanya, seperti DuckDuckGo. Mesin pencari tersebut telah mengklaim jika mereka tidak akan menyimpan informasi pribadi pengguna, menampilkan iklan, atau memata-matai pengguna. Selain itu ada banyak kelebihan lain yang bisa kita temukan di dalamnya. Coba saja!

Terakhir, berhenti menggunakan layanan email dari Google atau GMAIL. Sebagai alternatif gunakan layanan email yang memberikan alternatif keamanan dan data enkripsi yang sama canggihnya seperti ProtonMail.

Berita Terkait :  4 Aplikasi Terbaik Untuk Menjaga Kesehatan Baterai Android

Sekali Lagi! Masalah Privasi dan Kepercayaan

Masalah privasi dan kepercayaan adalah alasan terbesar untuk meninggalkan Google dan algoritmapenelurusannya. Jumlah pencarian yang dilakukan setiap hari oleh Google mencapai jumlah yang fantastis. Mungkin ada puluhan exebyte data dari setiap satu materi yang ada di Google. Bukan hanya itu, ada banyak lagi data pribadi, data pencarian pribadi di dalamnya, dan masih banyak lagi lainnya yang mungkin terlihat sepele tapi ini bisa dimanfaatkan oleh mereka.

Jadi kesimpulannya, apakah kini sudah waktunya meninggalkan pencarian Google? Atau pertanyaan intinya adalah apakah kita bisa hidup tanpa layanan Google? Termasuk di dalamnya ada Youtube, Google Documents, SpreadSheet, Google Maps, Android, dan lain sebagainya.

Related posts