Tampilan Sirkuit Katalunya 2017 Diubah Seperti ini

Babatpost.com – Sirkuit Katalunya bakal kembali mendapatkan perubahan layout di musim motogp 2017 ini, hal ini demi keselamatan para rider MotoGP, keputusan ini memang diambil mendadak.

Awalnya, balapan MotoGP Catalunya menggunakan layout dengan chicane baru sejak musim 2016. Perubahan itu dilakukan menyusul kecelakaan yang menewaskan pembalap Moto2, Luis Salom, pada latihan bebas di Sirkuit Catalunya, Juni 2016.

Read More
Berita Terkait :  Polres Tuban Siapkan Jalur Alternatif Sambut Mudik Lebaran 2017

Untuk menyesuaikan diri dengan perubahan itu, para pembalap MotoGP berkesempatan melakoni tes pada Mei 2017. Ternyata, layout dengan chicane baru mendapat protes dari banyak pembalap. Pada akhirnya, mereka menggelar pertemuan dengan Komisi Keselamatan, Jumat (9/6/2017).

Baca juga : Hasil Kualifikasi MotoGP Katalunya 2017

“Para pembalap mengeluh sedikit tentang tata letak yang baru, Mereka mengatakan pekerjaan tidak dilakukan dengan benar dan ada banyak benjolan. Karenanya, pembalap meminta kembali ke layout seperti dua tahun lalu,” kata Loris Capirossi, yang juga mewakili Dorna sebagai pengawas balapan, dikutip Crash.

Berita Terkait :  Cedera Sempat Ganggu Mentalitas Marc Marquez

Perubahan ini membuat chicane MotoGP Catalunya dibuat mirip seperti versi F1. Dan perubahan itu akan diberlakukan sejak latihan bebas ketiga hingga balapan nanti. Namun, masih belum diputuskan apakah hal itu berlaku untuk tahun-tahun mendatang atau tidak.

“Kami melihat saat latihan ada banyak kecelakaan di mana motor tetap berada di jalur dan di ujung lintasan. Itu sangat berbahaya. Kami punya pengalaman dari tahun lalu dengan chicane lama dan kami tak mendapatkan kecelakaan seperti kali ini. Dari segi meminimalisir kecelakaan, yang lama lebih baik,” ujar Capirossi.

Related posts