Beranda Gaya Hidup Kesehatan Waspada Efek Negatif Main Gadget Sebelum Tidur

Waspada Efek Negatif Main Gadget Sebelum Tidur

Iklan

BABAT POST – Gadget bagi kebanyakan orang saat ini sudah mempengaruhi sendi-sendi kehidupan. Di era tekhnologi sekarang ini orang tidak bisa lepas dari yang namanya ponsel atau smartphone. Hampir sepanjang waktu orang selalu memainkan jari-jari mereka untuk menggunakan gadget.

Akibatnya, keberadaan gadget mempengaruhi kehidupan sosial bahkan juga memberikan dampak terhadap kesehatan. Apalagi jika gadget atau smartphone anda masih saja terus dimainkan sebelum tidur. Tanpa disadari, ada lima risiko yang akan mengintai bagi yang sering main gadget sebelum tidur

1. Kurang Tidur

Tentunya kalau anda sering keasyikan memainkan gadget sebelum tidur akan mengalami kurang tidur. Sebab, cahaya biru yang dipancarkan oleh smartphone dapat mempengaruhi produksi melatonin yakni salah satu hormon yang membantu seseorang untuk tidur dan siklusnya. Biasa menggunakan smartphone di malam hari sebelum tidur dapat menyebabkan kurang tidur dan masalah kesehatan lain, termasuk depresi.

2. Risiko Tinggi Kanker

Jika chaya biru yang dipancarkan oleh smartphone anda terus mempengaruhi melatonin hingga mengganggu tidur, maka anda akan rentan terkena resiko kanker. Sebab, melatonin juga merupakan hormon penting karena memiliki sifat antioksidan, yang membantu tubuh melawan kanker, terutama payudara dan prostat.

3. Memengaruhi Otak

Jika tidur anda sudah terpengaruh, karena terlalu banyak terpapar cahaya dari smartphone, maka selanjutnya akan menyerang otak anda. Ketika seorang kurang tidur, tentu saja akan mempengaruhi metabolisem dan aliran darah ke otak juga akan berpengaruh.

4. Ketegangan Mata

Saat menatap layar smartphone di ruangan gelap, maka cahaya akan langusng menghujam mata. Hal ini dapat menyebabkan ketegangan mata dan terasa sakit. Bila hal ini terjadi terus menerus, maka dapat merusak penglihatan.

5. Kerusakan retina
Cahaya biru yang dipancarkan oleh smartphone memiliki panjang gelombang terpendek. Hal ini memengaruhi visi dan dampak jangka panjangnya dapat merusak retina.