Beranda Gaya Hidup Kesehatan Sayur Mentah atau yang Sudah Dimasak?

Sayur Mentah atau yang Sudah Dimasak?

Iklan

BABAT POST – Banyak yang mengatakan akan pentingnya mengkonsumsi sayuran tetapi masih banyak juga yang berbeda pendapat mengenai Bagus Mana, Sayur Mentah atau yang Sudah Dimasak?

Sayuran masuk dalam menu harian yang harus dikonsumsi dengan jumlah banyak. Idealnya, sebanyak 3-5 porsi sayuran wajib Anda makan setiap harinya. Tapi, sayur tersebut bagusnya dikonsumsi mentah atau yang sudah dimasak ya?

Dr Fiastuti Witjaksono, SpGk, mengatakan bahwa pilihan tersebut kembali lagi pada jenis sayuran yang akan dimakan. “Kalau kita makan daun pepaya mentah kan juga ga enak,” ujarnya.

Menurutnya sah-sah saja jika Anda ingin memasak sayuran. Yang terpenting memasaknya tidak terlalu lama. Sebab, sayuran sangat mudah kehilangan vitamin ketika terkena panas atau paparan sinar matahari. “Semua makanan yang diproses pasti akan mengurangi vitaminnya,” tambahnya.

Sama halnya juga dengan orang-orang yang memilih mengonsumsi sayuran mentah karena anjuran diet yang dijalankan. Dr Fiastuti juga tidak terlalu mempermasalahkan hal tersebut selama sayuran dicuci dengan teknik yang benar.

“Sayur itu biasanya supaya dia bagus dia menggunakan pestisida, itu harus bebas, jadi cucinya harus benar-benar. Yang kita hindari itu pestisidanya,” terang dr Fiastuti.

Lagipula, tren memakan sayuran mentah juga sudah menjadi hal yang biasa. Makanan seperti salad atau bahkan karedok juga sudah umum menggunakan sayuran yang tidak dimasak. Tapi ingat, jika Anda ingin memakan sayuran mentah, pastikan telah mencucinya di bawah air mengalir ya. Bila perlu guna air hangat untuk menghilangkan kandungan kimia berbahaya yang menempel pada lapisan luar.