Juru Bicara Pentagon Umumkan Kematian Kepala ISIS di Afghanistan

  • Share

BABAT POST – Berita heboh mengenai Abu Sayed, tewas dalam serangan ke markas besar kelompok radikal itu di provinsi Kunar. Kematian Sayed diumumkan oleh Pentagon pada Jumat (14/7) waktu setempat.

Juru bicara Pentagon atau Departemen Pertahanan AS, Dana White mengatakan seperti dilansir kantor berita Reuters,Sabtu (15/7/2017), sejumlah anggota ISIS lainnya juga tewas dalam serangan yang dilancarkan pada Selasa (11/7) waktu setempat. Tidak disebutkan lebih detail mengenai serangan yang menewaskan Sayed dan militan-militan ISIS lainnya tersebut.

Berita Terkait :  Benarkah, lubang biru ini merupakan Lubang Tongkat milik Sun Go Kong

Sayed merupakan pemimpin ISIS ketiga di Afghanistan yang tewas dalam serangan sejak Juli 2016 lalu.

“Yang penting adalah Anda membunuh seorang pemimpin dari salah satu kelompok-kelompok ini dan itu menjadikan pukulan mundur bagi mereka … ini jelas kemenangan di pihak kita menyangkut memukul mundur mereka, ini arah yang benar,” kata Menteri Pertahanan AS Jim Mattis kepada para wartawan.

Sebelumnya pada 27 April lalu, mantan pemimpin ISIS, Abdul Hasib tewas dalam operasi militer gabungan AS dan Afghanistan di provinsi Nangarhar, Afghanistan timur. Sedangkan pendahulu Hasib, Hafiz Saeed Khan tewas dalam serangan pesawat tanpa awak atau drone AS pada tahun 2016.

Berita Terkait :  Kerja Sama Indonesia Dan Prancis Siap Atasi Terorisme Dan Pembebasan Palestina

Pasukan Afghanistan yang didukung oleh pesawat-pesawat tempur dan pasukan khusus AS, telah memerangi para militan yang terkait ISIS di Afghanistan timur selama bertahun-tahun ini.

Kelompok militan yang dikenal sebagai ISIS Khorasan (ISIS-K), yang merupakan afiliasi ISIS di Afghanistan, telah aktif sejak tahun 2015. Kelompok ini aktif berperang dengan kelompok militan Taliban yang berseberangan dengan mereka, juga berperang dengan pasukan Afghanistan dan AS.

Jenderal John Nicholson, komandan tinggi AS di Afghanistan, telah bertekad akan mengalahkan ISIS di Afghanistan tahun ini.

  • Share