Masjid Al Aqsa Diminta Palestina Kembali Ke Status Quo

babatpost.com – Mahmoud Abbas Presiden Palestina Pada Selasa 25/7 bersikeras meminta situasi di Masjid Al-Aqsa Jerusalem Tikur kembali seperti sedia kala yakni dengan status Quo.

“Takkan ada perubahan dalam posisi Palestina,” kata Abbas dalam pertemuan darurat di Ramallah, Tepi Barat Sungai Jordan, sebagaimana dikutip Xinhua –yang dipantau Antara di Jakarta, Rabu (26/7/2017). Pertemuan tersebut dihadiri oleh pejabat senior dari Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), Partai Fatah dan unit keamanan Palestina, demikian laporan kantor berita resmi Palestina, WAFA.

Berita Terkait :  Patung Yesus tetap berdiri tegak walaupun diterjang topan Haiyan

“Semua tindakan yang dilakukan terhadap Masjid Al-Aqsa setelah 14 Juli mesti dibatalkan dan diakhiri,” kata Abbas. Ia menambahkan, “Situasi di Jerusalem harus kembali normal, lalu kami akan melanjutkan hubungan antara kami dan Israel.” Abbas menyatakan rakyat Jerusalem telah bangkit sebagai kesatuan untuk menolak semua tindakan yang dilakukan oleh penguasa Yahudi dan Palestina akan mendukung mereka.

“Apa yang telah kami putuskan ialah membekukan kerja sama keamanan (dengan Israel) dan ini masih sah, untuk membela kesucian kami juga masih sah. Kami ingin mempelajari apa yang terjadi dari hari itu sampai sekarang, untuk melihat apa yang bisa kami lakukan,” ia menambahkan.

Berita Terkait :  Lagi Serangan Udara Kejam Israel Bunuh 12 Warga Palestina

Pada 14 Juli, tiga pria Arab-Israel yang bersenjata menembak hinggga tewas dua polisi Israel, kemusian pasukan polisi balas-menembak pria bersenjata itu dan menewaskan mereka. Serangan tersebut terjadi di halaman Masjid Al-Aqsa.

Setelah serangan itu, penguasa Yahudi menutup masjid tersebut dan belakangan memasang pintu elektronik serta kamera di pintu masuk masjir itu. Tindakan tersebut memancing protes oleh umat Muslim, yang menolak memasuki masjid itu melalui gerbang tersebut.

Comments
Memuat...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More