Beranda Teknologi Cara Mudah Menghapus Virus Iklan di Smartphone Android Tanpa Root

Cara Mudah Menghapus Virus Iklan di Smartphone Android Tanpa Root

Iklan

BABAT POST – Salah satu kendala smartphone Android adalah selalu rentan terserang virus dan iklan. Karena itu JalanTikus akan berikan kamu cara untuk menghapus virus iklan di smartphone Android.

Apa sih virus iklan yang JalanTikus maksud? Itu lho, iklan yang tiba-tiba sering muncul saat menggunakan smartphone. Biasanya iklan pop-up yang berujung pada menginstall aplikasi tanpa izin. Pernah ngalamin?

Jika pernah ngalamin, yuk hapus virus iklan di smartphone Android kamu dengan cara:

  • Pertama-tama, cek dulu akses administrasi smartphone kamu di menu Settings – Security – Device Administrators.
  • Jika ada aplikasi mencurigakan yang akses administrasinya aktif, segera matikan.
  • Selanjutnya, hapus aplikasi mencurigakan yang tadi meminta akses administrasi. Tapi sangat disarankan untuk** Clear Data** dan Cache dulu sebelum menghapusnya. Selesai. Semudah itu cara untuk menghapus virus iklan di smartphone Android tanpa root.

    Hapus Virus Iklan di Android dengan Safe Mode

    Sudah coba cara di atas tapi masih gagal menghentikan iklan yang bermunculan? Mungkin virus iklan tadi sudah menyamar sebagai aplikasi sistem. Untuk mengatasinya kamu bisa pake cara lain dengan masuk Safe Mode.

    • Masuk Safe Mode dengan kombinasi tombol power dan volume. Untuk cara masuk Safe Mode masing-masing smartphone memiliki cara berbeda, silakan dicari di Google.
    • Begitu masuk ke Safe Mode, kamu akan menemukan semua aplikasi lain yang terinstall menghilang, kecuali aplikasi sistem. Nah, virus iklan yang terinstall sebagai sistem akan tetap ada, dan kamu bisa coba menguninstall-nya di Safe Mode.
    • Setelah diuninstall, silakan restart smartphone kamu. 

      Jika semuanya sudah kamu lakukan secara benar, harusnya virus iklan yang ada di smartphone kamu akan terhapus. Dan smartphone kamu bisa digunakan dengan sempurna lagi.

      Selamat mencoba!