Beranda Teknologi Gadget Prosesor Baru iPhone 8 Ini Siap Bikin Android Terjungkal

Prosesor Baru iPhone 8 Ini Siap Bikin Android Terjungkal

BERBAGI
Advertisement BabatPost.com

BABAT POST – Apple mungkin tidak terlalu peduli dengan iPhone yang kalah dalam beberapa uji kecepatan vlogger, namun perusahaan tersebut pasti berkonsentrasi untuk terus meningkatkan kinerjanya secara besar-besaran dengan iPhone baru yang bakal meluncur di tahun ini.

Apalagi iPhone generasi baru selama ini selalu dikenal memiliki reputasi yang cukup solid yang dibuktikan dengan lompatan kinerja yang tergolong tinggi bila dibandingkan dengan perangkat generasi sebelumnya. Sebuah bocoran anyar yang beredar bahkan menunjukkan bahwa prosesor generasi berikutnya yang hadir di iPhone 8 akan menampilkan performa yang sungguh luar biasa.

Seorang narasumber bernama “Ice Universe” pada Kamis malam (27/07/2017) sebagaimana dikutip dari BGR telah memberikan bocoran yang cukup jelas mengenai chipset A11 dari perangkat iPhone 8 yang kemungkinan akan sanggup melesat dengan kecepatan yang cukup menggiurkan yakni hingga 3GHz. Ice Universe juga mengatakan prosesor A11 pada iPhone 8 tersebut akan menampilkan teknologi Heterogen Multi-Processing (HMP), yang memungkinkan semua inti fisik prosesor berjalan secara serentak.

Tak hanya itu, Ia juga menyertakan hasil pengujian awal chipset A11 yang dilakukan dengan bantuan aplikasi Geekbench 4 Primate Labs. Angka pertama di setiap hasil tes yang dilewati Ice Universe mewakili hasil single-core, sedangkan angka kedua mewakili hasil uji multi-core Geekbench 4. Dalam pengujian single-core, prosesor Apple A11 bahkan sanggup menorehkan angka 4300 dan 4600. Sementara untuk pengujian multi core, Apple A11 berhasil meraih skor 7000 dan 8500. Kedua skor yang diperoleh pada pengujian single-core maupun multicore tersebut dilakukan di bawah tingkat clock speed yang berbeda.

Ringkasnya, hasil uji dari A11 ini menunjukkan kinerja single-core yang jauh meninggalkan performa yang ditunjukkan oleh tablet iPad terbaru Apple dan juga iPhone generasi sebelumnya. Dalam tes multi-core, performa A11 bahkan sanggup menggusur performa yang berhasil diraih oleh iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Meski bila dibandingkan dengan iPad yang baru, skor yang dihasilkan oleh Apple A11 memang masih terpaut tipis.

Namun begitu bila dibanding dengan perangkat Android flagship yang saat ini beredar di pasaran, maka hasil yang diperoleh boleh jadi akan membuat pabrikan pembuat perangkat Android tidak bisa tidur dengan nyenyak. Pasalnya, perangkat seperti Samsung Galaxy S8 yang sudah mengusung chipset tercepat Snapdragon 835 bahkan hanya sanggup menorehkan skor 1966 dan 6502 untuk masing-masing uji single-core dan multicore. Sementara pada Galaxy S8 didapat skor masing-masing 1931 dan 6427 pada pengujian single-core dan multicore.

Seperti yang dikabarkan dalam bocoran tersebut, ketiga iPhone generasi berikutnya dari Apple – yang saat ini disebut sebagai iPhone 7s, iPhone 7s Plus, dan iPhone 8 – akan didukung oleh prosesor A11 yang baru. Terlepas dari apakah bocoran informasi ini benar atau tidak, pastinya Apple diyakini akan menawarkan lonjakan performa yang cukup hebat dengan membenamkan chipset prosesor A11 pada tiga perangkat besutannya tersebut.