Beranda Berita Nasional Ini Daftar 12 Negara Peserta PlayOff Piala Dunia 2018 Bulan Depan

Ini Daftar 12 Negara Peserta PlayOff Piala Dunia 2018 Bulan Depan

BERBAGI
Advertisement BabatPost.com

BABAT POST- Ini Daftar 12 Negara Peserta PlayOff  Piala Dunia 2018 Bulan Depan – 12 negara resmi masuk play off Piala Dunia 2018. Mereka masih berpeluang berangkat ke Rusia, tetapi harus saling bunuh untuk mengamankan posisi tersebut. Hanya akan ada 6 negara dari babak play-off ini, entah play-off zona Eropa ataupun play-off interkontinental, yang akan memperoleh tiket ke Piala Dunia tahun depan. Di sinilah nasib tim sekelas Italia, juara dunia tiga kali, dipertaruhkan.

Saat ini sudah 23 tim yang resmi ke putaran final Piala Dunia 2018. Dengan demikian, masih tersisa kuota 9 tim lagi yang akan melaju. Tiga di antaranya adalah tim-tim yang bertarung di zona Afrika (CAF). Sementara sisanya dari play off yang melibatkan lima zona, yaitu UEFA (Eropa), Amerika Utara dan Tengah (CONCACAF), AFC (Asia), OFC (Oseania), dan CONMEBOL (Amerika Selatan).

Zona Eropa memiliki aturan tersendiri. Sebelumnya sudah ada babak kualifikasi yang terdiri dari sembilan grup. Dan delapan dari sembilan runner-up grup tersebut, berhak bertarung pada babak play-off yang mempertemukan sesama negara UEFA. Akan halnya Slovakia, runner-up Grup F yang memiliki nilai terburuk, tidak lolos ke babak tambahan ini.

Mereka yang masuk play off bukan nama-nama asing. Ada Italia, yang di kualifikasi kalah dari Spanyol. Jelas Azzurri merupakan tim favorit untuk berangkat ke Rusia. Selain itu ada Kroasia yang memiliki banyak pemain bintang seperti Luka Modric dan Mario Mandzukic. Drawing babak play off Eropa ini akan terjadi pada 17 Oktober 2017.

Sementara itu, empat zona lain akan memberikan jatah play-off interkontinental. Artinya, wakil terakhir dari sebuah konfederasi, diadu dengan konfederasi lain. Dalam hal ini, Australia yang merupakan wakil AFC, akan bertarung melawan Honduras, peringkat keempat zona CONCACAF. Akan halnya Selandia Baru, sebagai juara zona OFC akan bertempur menghadapi Peru, peringkat kelima zona CONMEBOL.

Berikut ini 12 tim yang masuk play-off untuk Piala Dunia 2018 Rusia.

Zona UEFA: Swiss, Italia, Denmark, Kroasia, Swedia, Irlandia Utara, Yunani, Republik Irlandia
*babak play-off berupa pertarungan antara tim terundi vs tim non-terundi dalam dua leg (kandang dan tandang) pada 9-11 November (leg pertama) dan 12-14 November (leg kedua)

Zona CONCACAF: Honduras

Zona AFC: Australia

*play off interkontinental antara Honduras vs Australia akan digelar pada 6 November (leg pertama) dan 11 November (leg kedua)

Zona OFC: Selandia Baru

Zona CONMEBOL: Peru

*play off interkontinental antara  Selandia vs Peru akan digelar pada 6 November (leg pertama) dan 14 November (leg kedua)