Beranda Berita Internasional Akhirnya Catalonia Merdeka Dari Spanyol

Akhirnya Catalonia Merdeka Dari Spanyol

Catalonia merdeka
Iklan

Babatpost.com – Setelah sekian lama beradu argumen dengan pemerintahan Spanyol, akhirnya parlemen Catalonia menyatakan kemerdekaanya dari Spanyol. Hal ini adalah bentuk pembangkangan terhadap Madrid yang ignin memerintah langsung wilayah itu.

deklarasi kemerdekaan itu dilakukan hari ini waktu setempat. Gesekkan antara Parlemen Catalonia dan Pemerintah Madrid ini menimbulkan krisis politik terburuk Spanyol dalam 4 dekade.

Lantaran tidak akan diterima oleh Spanyol atau warga internasional, deklarasi itu berlaku simbolis Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy meminta semua pihak berkepala dingin dan ia menyebut aturan hukum atas Catalonia bakal diperbaiki.

Keputusan memisahkan diri dari Spanyol tersebut disahkan di Parlemen Catalonia di Barcelona. Parlemen mengatakan bahwa Catalonia dikenal sebagai negara demokratis yang independen dan berdaulat.

Parlemen Catalonia menyatakan siap membuka pembicaraan dengan Madrid untuk berkolaborasi dalam mendirikan republik Catalonia.

catalonia independence

“Tidak akan tidak sulit, itu tak bakal bebas, itu tak akan berubah dalam sehari. Tapi tak ada lain untuk proses menuju Republik Catalonia,” kata Anggota Dewan Marta Rovira dari Junts pel Si, Partai Pro-kemerdekaan, dalam sebuah debat yang mengarah pada pemungutan bunyi.

Sesudah debat, anggota parlemen dari 3 partai nasional utama, Partai Rakyat, Sosialis, dan Ciudadanos keluar dari forum. Anggota Partai Pro-kemerdekaan dan Podemos kemudian memilih 70-10 dalam sebuah pemungutan suara rahasia. Mereka bertujuan menghalangi usaha pemerintah pusat untuk melengserkan tuntutan pidana kepada mereka.

Agar pemerintah pusat mengambil alih daerah otonom Catalunya, di Madrid, Majelis Tinggi Parlemen Spanyol sepakat

Langkah-langkah spektakuler seharusnya hanya diadopsi jika tak ada usaha lain yang mungkin dilakukan Menurut saya tidak ada alternatif. Satu-satunya hal yang bisa dilakukan dan yang mesti dilakukan merupakan menerima dan mematuhi hukum,” ujar Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy mengatakan dalam satu pidato yang dihadiri para senat.

“Kami menghadapi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah terakhir kami,” sambung Rajoy.

Sesudah pemilihan Senat, Rajoy akan mengambil sikap awal untuk mengatur Catalonia secara langsung. Ini bisa tergolong pemecatan Pemerintah Barcelona dan pengambil-alihan langsung pasukan Polisi Catalonia.

warga catalonia

Sejumlah pendukung kemerdekaan sudah berjanji untuk melakukan kampanye pembangkangan sipil, yang mampu menyebabkan konfrontasi langsung dengan aparat keamanan.

Di Barcelona, kerumunan pendukung kemerdekaan memadati jalan-jalan di pusat kota. Mereka meneriakkan ‘Liberty’ dalam bahasa Catalonia dan menyanyikan lagu-lagu tradisional Catalonia.

“Saya khawatir, saya gugup seperti semua orang. Namun kebebasan tidak pernah free, ” kata musisi Jaume Moline (50).

Karena Catalonia telah berjuang selama 40 tahun untuk berdikari dan alhasil saya mampu melihatnya, aku emosional

Catalonia merupakan salah satu wilayah Spanyol yang paling sejahtera dan telah memiliki level otonomi yang tinggi.