Beranda Bola Liga Indonesia Rumor Transfer : Termasuk Mantan Timnas Junior Chile, Ini Tiga Pemain Asing...

Rumor Transfer : Termasuk Mantan Timnas Junior Chile, Ini Tiga Pemain Asing Yang Rencananya di Naturalisasi Klub Ini

Iklan

BABAT POST – Rumor Transfer : Termasuk Mantan Timnas Junior Chile, Ini Tiga Pemain Asing Yang Rencananya di Naturalisasi Klub Ini–  Salah satu peserta Liga 2, Aceh United FC sangat serius dalam membentuk tim, dimana selain menunjuk Pelatih Asing asal Chile mereka berencana menggunakan tiga pemain asing yang bakal dinaturalisasi.

Saat dikonformasi, kabar tersebut dibenarkan oleh Presiden Klub Aceh United FC, M Zaini Yusuf. Dia mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan pengurusan administrasi ketiga pemain tersebut di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (disingkat Kemenkumham RI).

“Benar, mereka sedang kita urus di Kemengkumham RI untuk dinaturalisasi,” kata Zaini, Rabu (21/2).

Berdasarkan peraturan yang ada, seluruh tim peserta Liga 2 Indonesia tidak dibenarkan menggunakan para pemain asing kecuali sudah dinaturalisasi atau menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Adapun ketiga nama legiun asing tersebut, di antaranya Christian Alejandro Gonzalez asal Chili, Kpefua Osas Marvelous atau dikenal sebagai Osas Saha dan Godstime Olisa Ouseloka Egwuatu, keduanya asal Nigeria.

Zaini mengungkapkan, ketiganya kemungkinan besar dapat dinaturalisasi karena mengingat persyaratan yang dimiliki sudah terpenuhi.

“Mengingat semua persyaratan, toh mereka penuhi. Antara lain lama tinggal sudah lebih sepuluh tahun di Indonesia, menikah dengan wanita Indonesia dan sudah punya anak,” jelas Presiden Aceh United tersebut.

Sementara itu, pelatih Aceh United, Simon Pablo Elissetche mengatakan, pemain asing yang akan dinaturalisasi Aceh United memiliki kualitas di atas pemain lokal.

“Kita lihat nanti penampilan mereka di dua laga Pra Musim sama Semen Padang dan PSPS Riau. Semoga mereka membantu peforma tim dan menjadi inspirasi pemain lokal, dapat belajar dari pemain berpengalaman, itu harapan ita semua,” kata Simon.

Naturalisai yang dilakukan Aceh United, berdasar pada evaluasi yang dilakukan manajemen tim bersama pelatih. Beberapa posisi, masih belum memenuhi kriteria yang diinginkan pelatih, sehingga pelatih merekomendasikan pemain yang memenuhi syarat untuk naturalisasi. Apalagi, pemain lokal dan nasional sangat sulit didapatkan.

Cristian Alejandro Gonzalez, akan bergabung dalam sesi latihan pada 24 Februari di Banda Aceh. Hal itu dikatakan Simon Pablo Elissetche. Sang pelatih ternyata sudah kenal jauh dengan pemain 40 tahun ini.

“Dia dulu pemain timnas Junior Cile, habis itu dia main di dua tim Liga 1 Chile, Huachipato dan Everton sebelum datang ke Indonesia,” kata Simon.

Pelatih asal Chile ini juga menyebut, meski usia Gonzalez sudah 40 tahun, ketajamannya masih sangat mumpuni dan fisik juga sangat bagus. Alejandro Gonzalez, selama berkarir di Indonesia pernah memperkuat Semen Padang, PSMS Medan, hingga Pelita Jaya. Dua tahun terakhir, ia main di klub Timur Leste, Assalam FC.