Beranda Bola Liga Indonesia Ini Tanggal Opsi Kick Off Liga 1 Maret Ini dan Piala Indonesia...

Ini Tanggal Opsi Kick Off Liga 1 Maret Ini dan Piala Indonesia April Nanti

Iklan

BABAT POST- Ini Tanggal Opsi Kick Off Liga 1 Maret Ini dan Piala Indonesia April Nanti- Jadwal Liga 1 2018 yang sempat tak tentu sepertinya akan dimulai pada akhir Maret. PSSI menyebutkan, ada tiga tanggal kick-off perdana kompetisi level teratas di Indonesia tersebut. Kemungkinan, partai pembukaan Liga 1 akan terjadi pada tanggal 18, 23, atau 24 Maret.

Liga 1 musim ini akan digelar ketika jadwal sepakbola demikian padat. Timnas Indonesia akan tampil di Asian Games 2018 sebagai tuan rumah. Juga, bertarung di ajang dua tahunan Piala AFF pada akhir tahun. Agenda lain tentu gelaran Piala Dunia di Rusia yang akan menyedot perhatian seisi planet bumi.

Tidak boleh dilupakan, adalah bulan Ramadan tahun ini yang dimulai pada pertengahan Mei. Opsi bagi Liga 1 adalah, menggelar partai pada malam hari, seperti yang selama ini terjadi baik ketika kompetisi bernama ISL maupun kala dinamai Liga 1 sejak musim lalu.

Plt Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, dikutip dari CNN Indonesia menuturkan, “Pada awalnya, kami memiliki rancangan jadwal, karena Piala AFF akan mulai di 8 November. Laporan dari LIB (operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru), rencana (kompetisi sudah bisa dimulai) di akhir Februari dan awal Maret tapi sampai sekarang belum (terealisasi).”

“Ada opsi kick off (pertandingan perdana akan dimainkan) di (tanggal) 18 (Maret), 23 (Maret) atau 24 (Maret). Spekulasinya tahan dulu, RUPS (Rapat Umum Pemengang Saham digelar) dua hari lagi dan kita doakan lancar. Ini jadi komitmen PSSI dan LIB.”

Kompetisi Liga 1 2018 akan diisi oleh 18 peserta. Dengan demikian, akan terjadi total 34 pertandingan yang terbagi dalam 17 partai home dan away. PSSI menyebutkan, secara keseluruhan Liga 1 akan dimainkan dalam rentang waktu 28 minggu.

Menurut Joko Driyono, tidak mungkin Liga 1 tetap digelar ketika Piala AFF berlangsung. Di sisi lain, jadwal pemusatan latihan timnas Indonesia juga penting dipertimbangkan, karena klub-klub tentu tidak ingin melepas pemain mereka begitu saja dalam kompetisi yang panjang.

Selain Liga 1, PSSI juga berkomitmen untuk menggelar Piala Indonesia 2018. Konsepnya, akan seperti negara lain. Juara Liga 1 akan berhak tampil di Liga Champions Asia, sementara juara Piala Indonesia terjun di Piala AFC.

Tahun ini, seluruh wakil Indonesia diambil dari hasil akhir klasemen Liga 1 2018. Mengingat Bhayangkara FC dan PSM tidak memiliki lisensi untuk  tampil di level Asia, posisi mereka digantikan oleh Bali United sang runner-up dan Persija. Bali United sempat menjalani laga play-off di Liga Champion Asia sebelum ke AFC Cup.

Joko Driyono menuturkan, “Piala Indonesia (2018) akan bergulir mulai bulan April sampai Desember. Jadwalnya akan kita kelola sedemikian rupa … PSSI punya waktu sampai bulan Oktober. Tapi niat PSSI seperti negara lain, FA Cup atau Piala Indonesia menjadi opsi jalur menuju AFC Cup.”