Beranda Berita Samsung menggantikan Apple

Samsung menggantikan Apple

samsung
Samsung

Samsung menggantikan Apple sebagai perusahaan teknologi mewah baru dengan smartphone yang harganya ribuan dolar

Selama bertahun-tahun, Apple memegang reputasi sebagai perusahaan teknologi mewah , sebagian berkat langkah baru-baru ini seperti peluncuran iPhone X seharga $ 1.000 pada 2017 dan penunjukan mantan CEO Burberry Angela Ahrendts untuk menjalankan bisnis ritelnya dari 2014 hingga April 2019.

Makalah Biro Riset Ekonomi Nasional 2018 bahkan menemukan bahwa memiliki iPhone adalah pertanda pendapatan tinggi .

Tapi jika peluncuran produk baru-baru ini menjadi indikasi, nampaknya narasi itu bisa berubah. Apple telah memperluas jajaran produknya untuk memasukkan produk yang lebih terjangkau, sementara Samsung semakin menargetkan kelas atas dengan ponsel andalannya serta kategori baru seperti ponsel lipat.

Tentu saja, Samsung juga menawarkan opsi yang ditujukan untuk konsumen yang berpikiran anggaran. Seri Galaxy A-nya, misalnya, menawarkan fitur-fitur yang sebelumnya disediakan untuk perangkat premium seperti beberapa kamera, dukungan 5G, dan layar tanpa batas dengan harga ratusan dolar lebih murah daripada ponsel seri Galaxy S. 

Tetapi pada saat saingan industri seperti Apple, Google, dan OnePlus berjuang melawan tren kenaikan harga ponsel cerdas yang muncul dalam beberapa tahun terakhir, ponsel Samsung Galaxy S, Galaxy Note, dan Galaxy Fold yang mahal terus menjadi pusat acara besar dan diluncurkan.

Itu berbeda dari pendekatan terbaru Apple. Perusahaan meluncurkan iPhone seharga $ 400 yang disebut iPhone SE pada bulan April, membantu meningkatkan penjualan pada saat banyak pembeli kekurangan uang tunai karena pandemi virus corona. Namun bukan hanya iPhone SE – Apple belajar dari kesuksesan iPhone XR di tahun 2018 bahwa perangkat yang lebih murah cenderung lebih populer. 

Karena itu, ia mengubah mereknya pada tahun 2019, memposisikan iPhone 11 seharga $ 700 sebagai model andalannya daripada hanya tindak lanjut dari iPhone XR. Lini iPhone 11 Pro-nya, sebagai perbandingan, diposisikan seperti itu: opsi bagi pengguna yang kuat yang bersedia membayar ekstra $ 300 untuk tiga kamera dan tambahan lainnya. 

Jika prediksi analis ternyata akurat, perusahaan berencana untuk melanjutkan pendekatan itu tahun ini dan seterusnya.

Beberapa versi iPhone 12 generasi berikutnya Apple mungkin berharga di bawah $ 1.000 meskipun ada penambahan dukungan 5G, analis Wedbush Securities Daniel Ives menulis dalam catatan penelitian baru-baru ini. Kepribadian YouTube Jon Prosser juga melaporkan bahwa versi non-Pro dari iPhone 12 bisa mulai dari $ 650 , menjadikannya $ 50 lebih murah daripada harga awal iPhone 11. Apple dapat meluncurkan versi iPhone 12 yang lebih murah tanpa dukungan 5G pada awal 2021, Ives juga memprediksi.

Jika itu tidak cukup untuk membuktikan bahwa Apple berkembang lebih dalam ke perangkat yang ramah anggaran, Bloomberg juga melaporkan bahwa perusahaan akan merilis Apple Watch murah tahun ini bersama Apple Watch Series 6.

Bukan rahasia lagi mengapa Apple memilih untuk mengambil rute ini. Apple iPhone XR, yang sekarang dijual seharga $ 600, adalah ponsel yang paling banyak dikirim pada tahun 2019 , menurut Laporan Pelacak Model Smartphone Omdia. Menyusulnya adalah iPhone 11 seharga $ 700 dan kemudian jajaran smartphone seri Galaxy A yang lebih murah dari Samsung. Sebuah laporan dari NPD Group yang diterbitkan pada bulan Desember menunjukkan bahwa hanya di bawah 10% konsumen membelanjakan lebih dari $ 1.000 untuk smartphone baru.

Mengapa Samsung

Samsung, sementara itu, lebih condong ke pasar smartphone mewah. Pada 18 September, ia akan meluncurkan Galaxy Z Fold 2 , ponsel lipat seharga $ 2.000 dengan layar 7,3 inci yang dapat dilipat dua untuk berfungsi sebagai smartphone dan tablet.

Awal tahun ini, ia meluncurkan ponsel seharga $ 1.400 yang disebut Galaxy S20 Ultra yang menawarkan kamera yang mampu melakukan zoom hingga 100X. Itu tidak menawarkan model yang lebih murah di samping $ 1.000 Galaxy S20, $ 1.200 Galaxy S20 Plus, dan $ 1.400 Galaxy S20 Ultra seperti yang dilakukannya tahun lalu dengan Galaxy S10e. 

Sulit untuk mengatakan apakah ini akan berdampak pada penjualan smartphone Samsung dengan cara apa pun. Samsung adalah pembuat smartphone terbesar kedua di dunia dalam hal pengiriman pada kuartal kedua tahun 2020, menurut The International Data Corporation, mengalahkan Apple. Tapi itu juga melihat penurunan tahun-ke-tahun terbesar dari lima pembuat smartphone teratas, penurunan yang dikaitkan IDC dengan fokus Samsung pada perangkat premium. 

“Sementara seri A terus memberikan kontribusi yang baik untuk sebagian besar volumenya, perangkat premium seperti Galaxy S20 dan Galaxy Z Flip, sayangnya diluncurkan di puncak pandemi, menghadapi tantangan penjualan meskipun ada penurunan harga,” tulis IDC. . 

Terlepas dari itu, gagasan bahwa Samsung mungkin menantang reputasi lama Apple sebagai merek teknologi mewah adalah kerutan menarik lainnya dalam perlombaan selama satu dekade antara dua raksasa teknologi tersebut.  

Sumber : https://www.businessinsider.com/apple-vs-samsung-galaxy-z-fold-2-price-s20-ultra-2020-9?r=US&IR=T

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here