Beranda Berita OPPO Meningkatkan Privasi Android dengan Fitur Baru di ColorOS 11

OPPO Meningkatkan Privasi Android dengan Fitur Baru di ColorOS 11

oppo

Privasi ponsel cerdas telah menjadi topik besar di media pada tahun 2020. Ada banyak kekhawatiran tentang seberapa banyak data Anda yang bersifat pribadi, dan aplikasi mana yang memiliki akses ke informasi Anda. Aplikasi media sosial dapat memiliki akses ke sejumlah besar informasi Anda. Lebih dari sebelumnya, pengguna menghargai privasi mereka dan ingin memiliki kontrol lebih atas informasi apa yang mereka bagikan dengan jenis aplikasi ini. Merupakan hal yang positif untuk melihat orang-orang lebih sadar tentang data pribadi mereka. Sekarang pasar perlu beradaptasi untuk memenuhi ekspektasi baru ini.

Di tahun 2020, melindungi privasi Anda belum tentu menjadi kerugian. Kemampuan untuk memantau dan meninjau informasi apa yang dikumpulkan aplikasi Anda adalah cara yang baik untuk mengendalikan situasi ini. Untuk waktu yang lama, aktivitas pengumpulan data ini telah berlangsung di latar belakang sistem Android Anda. Sekarang izin aplikasi lebih merupakan proses yang dipantau, sebagai lawan dari sesuatu yang terjadi secara diam-diam di latar belakang.

Dengan Android yang berjalan di lebih dari dua miliar perangkat, Google telah berdedikasi untuk meningkatkan privasi Android dengan setiap pembaruan baru. Mereka sebagian besar berfokus pada penerapan ini melalui Play Store. Mereka mengambil sikap agresif untuk menghapus aplikasi berbahaya dari layanan. Di luar ini, masih banyak pekerjaan yang bisa dilakukan.

Persentase penginstalan PHA menurut kategori

Karena privasi menjadi sesuatu yang lebih dihargai orang, OS Android perlu beradaptasi dan menyediakan alat yang lebih baik yang membuat pengguna dapat mengontrol. Langkah pertama ke arah yang benar datang dalam bentuk pembaruan Android 11. Pembaruan baru ini memperkenalkan fitur privasi baru untuk ponsel cerdas Anda. OPPO memperluas ini dengan ColorOS 11 yang diumumkan pada pertengahan September. Kami telah melihat tren perangkat lunak OEM yang menambahkan fitur keamanan dan privasi tambahan untuk Android. Sekarang kita akan melihat kemajuan ini lebih jauh lagi, karena mereka mengembangkan fitur privasi baru di Android 11.


Android 11 Memperkenalkan Fitur Privasi Baru

Android 11 sedang dalam tahap awal didistribusikan ke ponsel di seluruh dunia. Pembaruan baru ini memiliki tampilan dan nuansa yang mirip dengan Android 10, dengan beberapa pembaruan terbesar datang dalam bentuk fitur privasi baru. Salah satu cara umum yang mungkin berisiko terhadap privasi Anda adalah melalui izin aplikasi.

Android 11 memperkenalkan izin aplikasi satu kali. Fitur ini akan memberikan akses aplikasi ke fitur tertentu. Jadi, jika Anda memiliki Facebook yang meminta untuk menggunakan lokasi Anda, Anda dapat menyetujuinya untuk satu kali. Lain kali Anda membuka Facebook, Anda harus menyetujui data lokasi lagi, agar aplikasi dapat terus menggunakannya. Jika Anda telah menyetujui sebuah aplikasi, dan aplikasi tersebut tidak digunakan untuk jangka waktu yang lama, Android akan memicu fungsi reset otomatis izin baru. Ini akan membuat izin kedaluwarsa untuk aplikasi yang tidak digunakan. Pembaruan privasi baru ini adalah cara yang baik untuk memastikan bahwa aplikasi tidak terus menerus menarik data pribadi Anda di latar belakang.

Anda juga dapat memberi tahu Android untuk hanya memberikan akses data ke aplikasi saat aplikasi itu digunakan. Banyak aplikasi meminta akses ke hal-hal seperti pesan dan riwayat panggilan Anda. Batasi akses mereka menjadi terbatas pada saat Anda benar-benar menggunakan aplikasi.


Fitur Privasi ColorOS 11 untuk Ponsel OPPO

Saat Android 11 tersedia, OPPO adalah salah satu orang pertama yang dengan cepat menggabungkan pembaruan baru ini dengan perangkat mereka. Fitur keamanan baru yang ditemukan di Android 11 akan segera tersedia untuk banyak perangkat OPPO dalam bentuk ColorOS 11. Ketika OPPO meluncurkan ColorOS 11 berbasis Android 11, itu diperluas lebih jauh pada perlindungan privasi bagi penggunanya. Dibangun di atas tren privasi, ColorOS 11 dapat menawarkan fitur-fitur berikut kepada penggunanya:

Sembunyikan Aplikasi

Aplikasi yang diunduh bukan satu-satunya hal yang dapat melihat data pribadi Anda. Pengguna fisik ponsel Anda mungkin menjelajah ke area yang seharusnya tidak mereka kunjungi. Dalam situasi seperti ini, ColorOS 11 memungkinkan Anda menyembunyikan aplikasi tertentu. Setelah aplikasi disembunyikan, itu hanya dapat diakses melalui pintasan aplikasi tersembunyi, dan setelah memasukkan kata sandi.

ColorOS 11 Sembunyikan Fitur Aplikasi

Perlindungan Informasi Pribadi

Ada banyak situasi di mana aplikasi mendesak Anda untuk memberikan akses ke izin tertentu agar berfungsi dengan baik. Fitur Perlindungan Informasi Pribadi adalah cara yang sangat cerdas untuk melewati situasi ini. Anda dapat mengaktifkan perlindungan untuk log panggilan, kontak, pesan, dan acara. Setelah perlindungan diaktifkan, ColorOS 11 akan mengirim informasi kosong ke aplikasi, menipu aplikasi agar mengakses data kosong. Ini akan melindungi Anda dari kebocoran data yang dapat mencakup informasi pribadi ini.

Perlindungan Pembayaran

Perlindungan pembayaran menjaga informasi keuangan Anda tetap aman, dengan meletakkan aplikasi pembayaran Anda di lokasi yang aman. Tambahkan aplikasi ke portal Perlindungan Pembayaran Anda dan biarkan ColorOS melakukan sisanya.

Brankas Pribadi

OPPO menjadikan keamanan pribadi sebagai pilihan bagi Anda untuk menyimpan file pribadi Anda. Saat Anda menambahkan gambar, video, audio, atau jenis file lainnya ke ruang pribadi Anda, Anda akan menguncinya di balik kata sandi. Ini membuat file Anda tidak tersedia untuk aplikasi yang membaca media Anda. Pintasan ke ruang pribadi Anda dapat ditambahkan ke layar beranda, membuat proses menambah dan mengakses file menjadi sederhana dan cepat.

ColorOS 11 Brankas Pribadi

Manajer Izin

Perhatikan baik-baik izin yang diberikan untuk setiap aplikasi Anda. Pengelola izin memungkinkan Anda memeriksa setiap izin Anda, dan membatasi atau memberikan akses ke aplikasi yang mencoba membaca data Anda. Misalnya, Anda dapat melihat kamera Anda dan berapa banyak aplikasi yang mengaksesnya. Kemudian Anda dapat membatasi aplikasi yang tidak akan pernah Anda gunakan dengan kamera Anda. Ini adalah cara yang jauh lebih ramah pengguna untuk mengelola aspek ponsel Anda ini dan meningkatkan privasi Anda secara keseluruhan.

Brankas Pribadi

Private Safe memberi Anda bagian terenkripsi di sistem file Anda tempat Anda dapat menyimpan foto pribadi, dokumen, video, atau jenis file lainnya. Saat Anda meletakkan file di bagian brankas pribadi, itu tidak akan tersedia untuk aplikasi lain. File terenkripsi Anda hanya dapat diakses oleh Anda. Meskipun orang lain menggunakan ponsel Anda, mereka tidak akan dapat mengakses file yang dienkripsi tanpa kata sandi.

Kunci aplikasi

Kunci Aplikasi adalah fitur yang telah ada selama beberapa waktu tetapi masih sama pentingnya seperti sebelumnya. Kemampuan untuk meletakkan aplikasi sensitif di belakang kode sandi dapat mencegah akses yang tidak diinginkan. Ini masuk akal untuk email, aplikasi obrolan, browser web, dan apa pun yang mungkin berisi informasi pribadi.

Fitur Kunci Aplikasi ColorOS 11

DocVault [Tersedia di India]

Gunakan DocVault untuk mengunggah dokumen Anda seperti KTP, akta kelahiran, atau dokumen pajak. Anda dapat mengakses dokumen-dokumen ini dan menggunakannya seolah-olah itu adalah salinan cetak. Anda dapat menggunakannya di bandara dan situasi perjalanan lainnya, untuk membuat hidup Anda sedikit lebih mudah.

Bagaimana Perangkat Lunak OEM dapat Meningkatkan Privasi Android

Meskipun Android 11 merupakan upaya yang solid untuk meningkatkan privasi, ColorOS 11 menunjukkan kepada kita bahwa masih banyak yang dapat dilakukan di bidang ini. OEM dapat terus mengembangkan Android untuk menawarkan fitur privasi penting ini.

Setiap kali fitur baru diperkenalkan di Android, ini adalah peluang baru bagi privasi Anda untuk berada dalam bahaya. OEM harus belajar dari perusahaan seperti OPPO dan mulai menerapkan fitur privasi yang lebih baik untuk mengikuti perubahan dunia Android.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here