LG Smartphone besar pertama yang menarik diri dari pasar. Ada Apa?

LG Smartphone besar pertama  yang menarik diri dari pasar. Ada Apa?

LG Electronics Inc Korea Selatan akan mengurangi divisi selulernya yang telah merugi setelah gagal menemukan pembeli, sebuah langkah yang ditetapkan untuk menjadikannya merek smartphone besar pertama yang sepenuhnya menarik diri dari pasar.

Keputusannya untuk menarik diri akan meninggalkan 10% sahamnya di Amerika Utara, di mana itu adalah merek No. 3, yang akan dikuasai oleh Samsung Electronics dan Apple Inc dengan saingan domestiknya diharapkan memiliki keunggulan.

“Di Amerika Serikat, LG telah menargetkan model harga menengah – jika tidak sangat rendah – dan itu berarti Samsung, yang memiliki lebih banyak lini produk harga menengah daripada Apple, akan lebih mampu menarik pengguna LG,” kata Ko Eui- muda, seorang analis di Hi Investment & Securities.

Divisi smartphone LG telah mencatat kerugian hampir enam tahun dengan total sekitar $ 4,5 miliar. Keluar dari sektor yang sangat kompetitif akan memungkinkan LG untuk fokus pada area pertumbuhan seperti komponen kendaraan listrik, perangkat yang terhubung dan rumah pintar, katanya dalam sebuah pernyataan.

Di masa yang lebih baik, LG lebih awal memasarkan dengan sejumlah inovasi ponsel termasuk kamera sudut ultra lebar dan pada puncaknya pada tahun 2013, LG menjadi produsen smartphone terbesar ketiga di dunia setelah Samsung dan Apple.

Namun kemudian, model andalannya mengalami kesalahan perangkat lunak dan perangkat keras yang dikombinasikan dengan pembaruan perangkat lunak yang lebih lambat membuat merek tersebut terus mendukung. Analis juga mengkritik perusahaan karena kurangnya keahlian dalam pemasaran dibandingkan dengan saingan China.

Sementara merek ponsel terkenal lainnya seperti Nokia, HTC dan Blackberry juga telah jatuh dari ketinggian, mereka belum hilang sama sekali.

Pangsa global LG saat ini hanya sekitar 2%. Ini mengirimkan 23 juta ponsel tahun lalu yang dibandingkan dengan 256 juta untuk Samsung, menurut penyedia penelitian Counterpoint.

Selain Amerika Utara, ia memiliki kehadiran yang cukup besar di Amerika Latin, di mana ia menempati peringkat merek No. 5.

Sementara merek saingan China seperti Oppo, Vivo dan Xiaomi tidak memiliki banyak kehadiran di Amerika Serikat, sebagian karena hubungan bilateral yang membeku, penawaran produk kelas bawah hingga menengah mereka dan Samsung diatur untuk mendapatkan keuntungan dari ketidakhadiran LG dalam bahasa Latin. Amerika, kata para analis.

Divisi smartphone LG, yang terkecil dari lima divisi yang menyumbang sekitar 7% dari pendapatan, diharapkan akan selesai pada 31 Juli.

LG
LG

Di Korea Selatan, karyawan divisi tersebut akan dipindahkan ke bisnis dan afiliasi LG Electronics lainnya, sementara di tempat lain keputusan tentang ketenagakerjaan akan dibuat di tingkat lokal.

Analis mengatakan mereka diberitahu dalam panggilan konferensi bahwa LG berencana untuk mempertahankan paten teknologi inti 4G dan 5G serta personel inti R&D, dan akan terus mengembangkan teknologi komunikasi untuk 6G. Belum diputuskan apakah akan melisensikan kekayaan intelektual semacam itu di masa depan, tambah mereka.

LG akan memberikan dukungan layanan dan pembaruan perangkat lunak untuk pelanggan produk ponsel yang ada untuk jangka waktu yang berbeda-beda di setiap wilayah, tambahnya.

Pembicaraan untuk menjual sebagian bisnis ke Vingroup Vietnam gagal karena perbedaan persyaratan, kata sumber yang mengetahui masalah tersebut.

Saham LG Elec telah meningkat sekitar 7% sejak pengumuman Januari bahwa mereka sedang mempertimbangkan semua opsi untuk bisnis tersebut.

Berita Terkait :  LG kembali memperoleh dua paten ponsel lipat dari USPTO
Comments
Memuat...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More