5 Aplikasi Animasi 2D Gratis Mudah Digunakan Oleh Pemula

  • Share
5 Aplikasi Animasi 2D Gratis

BabatPost.com, Aplikasi Animasi 2D Gratis – Untuk membuat sebuah karya seni sangat dibutuhkan ide dan gagasan yang unik dan kreatif agar hasilnya menjadi memukau. Seni merupakan karya manusia yang dibuat berdasarkan ide dan gagasan sehinga  karya tersebut mempunyai  nilai ke-estetikan.

Para penghasil karya atau biasa disebut dengan seniman selalu mempunyai ide dengan hasil karya yang luar biasa. Karya seni sendiri biasa identik dengan lukisan, patung, kerajinan tangan dan berbagai macam lagi lainnya.

Sebelum berkembangnya teknologi para seniman tentu kebanyak membuat sebuah karya seni dengan manual tanpa bantuan gadged dan berbagai  alat yang sudah modern lainnya. Saat ini karya seni turut mengalami perkembangan pula, sehingga kemajuan teknologi saat ini bisa dimanfaatkan untuk kemudahan membuat karya seni terutama pada bidang gambar- menggambar.

Saat ini untuk membuat gambaran menggunakan gadget  menjadi lebih mudah. Jika sebelumnya apabila ingin menggambar harus menggunakan media seperti pensil, penghapus kemudian buku gambar yang hal tersebut tentunya membutuhkan ruang khusus. Sekarang, tidak perlu untuk bersusah payah lagi karena menggambar sudah bisa dilakukan dimana saja dan juga kapan saja.

Ini tentunya menjadi sebuah kemudahan untuk para seniman yang menyukai menggambar dengan konsep 2d, terkadang terdapat beberapa seniman yang bingung untuk mengimplementasikan ke dalam software 2d dan tidak mengetahui aplikasi apa saja yang bagus untuk digunakan menunjang seni 2d tersebut.

Disini kita akan merekomendasikan 2 dimensi yang bisa anda gunakan sebagai alat anda mengembangkan seni. Kita akan membahas sofwatre 2d yang tentunya tidak kalah dengan yang berbayar. Baiklah simak terus artikel kali ini mengenai aplikasi animasi 2d gratis.

Daftar Isi

Berita Terkait :  Instal Microsoft Office di Smartphone Android

5 Aplikasi Animasi 2D Gratis

Jika anda termasuk salah satu yang baru pertama kali menggunakan program aplikasi animasi 2 dimensi, tidak perlu khawatir atau bingung karena aplikasi yang kita rekomendasikan mudah dipelajari dan digunakan bahkan oleh orang awam.

Disini kita sudah mendata dan juga mengumpulkan beberapa rekomendasi aplikasi software gambar 2d yang worth it untuk digunakan. Mari simak terus ulasan dari kami, karena kita akan mebahasanya dengan lengkap dan terperinci. Berikut adalah aplikasi animasi 2d gratis.

1. Syngfig Studio

Synfig Studio merupakan aplikasi animasi 2D gratis yang bisa anda njadikan pilihan. Anda bisa tinggal menggunakannya saja dengan berbagai fitur hebat yang ditawarkan oleh aplikasi ini. Untuk tampilannya tersedia dalam 2 tampilan yaitu white and dark. Mengenai tampilan bisa anda atur sesuai dengan selera anda.

Jika sudah membuka synfig studio, ada 4 kolom utama workspace pengerjaan. 4 kolom tersebut adalah Kolom project, Tools windows, Timeline, Layering dan juga kolom warna.

Anda dapat memakai aplikasi Animasi 2D ini dengan sepuas anda guna menghasilkan karya animasi yang memukau untuk dipublish. Terlebih jika anda sudah menguasai tools dalam aplikasi yang satu  ini juga memberikan kesempatan jika anda ingin mensupport apikasi ini dengan berdonasi sesuai dengan kemampuan sebagai dukungan untuk para developers dari aplikasi ini.

2. Animation paper

Jika anda sebelumnya membutuhkan canvas ataupun kertas untuk mulai membuat suatu karakter ataupun hal lainnya, anda tidak perlu bersusah payah lagi, karena aplikasi Animasi 2D ini bisa menggantikan perlatan tersebut bagi anda yang sebelumnya menggambar secara manual.

Akan lebih mendukung lagi jika dalam software anda menggunakan alat pendukung seperti Wacom, ini akan membuat feel menggambar lebih seperti menggambar dalam kertas biasa.

Aplikasi ini dibuat oleh orang yang sudah terjun hamper 30 tahun dalam dunia produser animasi dan juga desainer game. Orang yang menciptakan aplikasi ini dalam grup Plastic Animation Paper atau biasa dikenal dengan (PAP).

Berita Terkait :  Pengguna Windows 10 bisa gajian cuma dengan menggunakan Browser Microsoft Edge

Nama dari pendirinya adalah Niels Krogh yang telah memikirkan untuk membuat sebuah aplikasi animasi 2D dengan sedemikian rupa guna memenuhi para creator atau seniman animasi. Bagi anda yang berminat menggunakan aplikasi ini bisa mengunjungi link ini, Animation Paper.

3. Pencil

Pilihan selanjutnya bisa anda nobatkan pada aplikasi Animasi 2D Pencil yang sederhana. Pada tampilan awal yang pertama anda lihat terdapat bagian kolom project pengerjaananimasi di layout atau di page.

Tapi jangan salah dengan kesederhanaannya fitur yang disediakan tidak sederhana yang anda bayangkan. Anda dapat mengatur import gambar, mengatur  frame, import audio ataupun jika anda ingin bisa menyisipkan warna-warna, dan masih banyak juga fitur yang lainnya.

Apabila sudah selesai membuat dan menggunakan aplikasi yang satu ini, anda bisa melakukan export project dalam format Flash Video kedala format SWF ataupun film dan hal lainnya. Pencil ini merupakan Aplikasi Animasi 2D yang berbasis open source, dan dapat digunakan dengan menggunakan berbagai platform Operating Sistem salah satunya adalah Linux, Windows dan juga macos.

Kabar baiknya lagi anda bisa mendapatkan Aplikasi Animasi 2D gratis tanpa harus mengeluarkan biaya. Jika anda berminat bisa dengan mendownloadnya disini, Pencil Download.

4. Vectorian Giotto

aplikasi ini bernama Vectorian giotto merupakan Aplikasi Animasi 2D tidak berbayar alias gratis yang sangat memungkinkan untuk anda membuat sebah karya yang dapat digambarkan dalam animasi digital.

Aplikasi Animasi 2D ini digunakan untuk anda yang biasa membuat karya animasi 2 dimensi.  Aplikasi ini support dengan bahasa pemograaman action script 2. Action Scrpti 2 ini diterapkan oleh macromedia adobe flash.

Berita Terkait :  Tips seru dan keren Edit Foto menggunakan Prisma

Vectorian Giottio dapat menjadi aplikasi animasi 2d yang anda coba tanpa harus membeli lisensi apapun aias gratis. dalam aplikasi ini terdapat 50 efek animasi yang sangat keren untuk digunakan dengan berupa gambar ataupun teks.

selain itu anda bisa mengubah objek dengan cara yang dapat anda bayangkan contohnya mengunakan drop shadow, glow, bitmat blur dan berbagai campuran lainnya. untuk tampilannya  Vectorian Giotto ini mirip dengan Adobe Flash.

Tetapi untuk fitur dan juga kegunaannya tidak selengkap adobe flash. Anda juga bisa mengeksport hasil yang telah anda buat dengan berbagai macam format, contohnya AFI, SWF, Movie, PNG, JPG dan lain-lainnya. jika anda tertarik dan ingin menggunakan bisa mengunduhnya melalui link dibawah ini Vectorian Giotto Download.

5. Tupi Open 2D Magic

rekomendasi Aplikasi Animasi 2D lainnya yang bisa anda coba adalah Tupi Open 2D Magic, ada banyak fitur dan tools yang sangat berguna bagi para pembuat animasi, dalam kolom prject layout tersebut yang lebih diutamakan adalah paper layoutnya. terdapat beberapa tools yang pastinya sangat bermanfaat yaitu berupa Color, Pencil, Tweing, Scene dan juga range interval dari beberapa bagian frame.

tampilan dari aplikasi animasi Tupi Open 2D Magic ini memang klasik, tetapi hal tersebut jangan anda ambil pusing karena yang terpenting adalah aplikasi ini bisa membantu pekerjaan anda menjadi lebih mudah.

Hasil dari karya yang sudah anda buat juga bisa dengan format Flash Video, AVI, MPG, PNG dan juga yang lainnya. apabila anda tertarik menggunakan  aplikasi ini, kami akan menyediakan link download dibawah akan kami sediakan linknya.  Tupi Open 2D ini sudah mendukung berbagai sistem operasi  seperti Linux, Mac dan juga Windows.

  • Share