LBH bikin posko pengaduan pelecehan, Gofar Hilman bakal dipidana?

  • Share

LBH APIK bakal berikan dampingan hukum ke korban.

Buntut pemilik akun Twitter @quwenjojo, memberitahu adanya posko pengaduan korban pelecehan seksual yang diduga ditujukan kepada Youtuber Gofar Hilman.

Setelah banyak pengaduan korban pelecehan seksual diduga dilakukan oleh Gofar, beberapa perempuan yang merasa hal serupa ikut mengadu.

Akan tetapi, mereka tidak mengunggah cerita melalui media sosial, korban lainnya mengadukan hal tersebut ke Lembaga Bantuan Hukum Asosisasi Perempuan Indonesia untuk Keadilan (LBH APIK) Jakarta.

Setidaknya ada delapan aduan dari kasus yang sama yang diduga dilakukan oleh Gofar Hilman.

“Hingga 17 Juni 2021, LBH APIK Jakarta telah menerima 8 aduan kasus terkait dengan pelecehan seksual yang dilakukan public figure GH, termasuk aduan dari pemilik akun Twitter @quweenjojo,” keterangan tertulis oleh Direktur LBH APIK Jakarta Siti Mazumah, dilansir dari Detik (19/6/2021).

LBH APIK melihat ada kemungkinan korban lain, sehingga mereka membuka posko aduan.

“Melihat bahwa kemungkinan masih ada korban-korban yang belum berani bersuara, LBH APIK Jakarta dan SAFEnet serta para korban yang bersolidaritas membuka posko pengaduan untuk korban-korban lain yang ingin bersuara,” lanjutnya.

Posko Pengaduan Gofar Hilman

LBH APIK mengatakan posko pengaduan dibuat sebagai ruang aman kepada korban. LBH APIK juga akan memberikan pendampingan hukum kepada korban.

“Posko pengaduan GH dibuat sebagai ruang aman untuk menguatkan sesama korban, dan menyediakan pendampingan hukum, konseling psikologi, serta keamanan digital jika diperlukan,” jelas LBH APIK.

Bahkan LBH APIK memberikan apresiasi kepada korban yang telah berani bersuara.

“LBH APIK Jakarta dan SAFEnet memberikan apresiasi sebesar-besarnya pada korban yang telah kuat dan berani bersuara hingga memantik suara-suara korban lainnya, seperti yang telah dilakukan akun Twitter @quweenjojo,” tutupnya.

Posko pengaduan GH dibuka pada 18 Juni 2021 dan dapat diakses dengan menghubungi email [email protected] Bisa juga melalui Instagram @aduankorban.gh.

Gofar Hilman diduga lakukan pelecehan seksual

Sebelumnya, pada tanggal 9 Juni 2021, akun ini menceritakan pengalamanya terkait Gofar Hilman yang melakukan tindak pelecehan seksual.

Gofar pun menanggapi hal tersebut, ia mengaku tidak pernah melakukan hal tersebut. Kala itu, ia didampingi oleh dua orang hingga akhir acara.

“Untuk masalah tuduhan pelecehan, di sini gue yakin tidak melakukan hal itu, ada dua orang yang dampingin gue saat itu, 1 orang cewek panitia dan 1 orang cowok asisten gue, mereka yang jagain gue sampe masuk mobil di akhir acara,” cuit Gofar di Twitter.



Sumber Berita

Dapatkan update berita viral menarik hanya di BabatPost.com, Jangan Lupa Follow BabatPost.com di Google News

  • Share