Calon Sekkab Lamongan Ditargetkan Dilantik Bulan Depan

BabatPost.com – Proses pengisian jabatan Sekkab Lamongan masih berjalan. Lima calon Sekkab yang sudah mendaftarkan diri, hari ini (15/7) bakal diputuskan apakah ada yang terlempar atau bertahan semua ke tahapan berikutnya.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Lamongan Bambang Hadjar mengatakan, izin pengisian kekosongan jabatan tinggi pratama Sekkab dari Mendagri sudah diterima bulan lalu. Pendaftaran calon Sekkab dibuka 6 – 13 Juli. Sesuai SE Men-PAN & RB, pendaftaran dibuka 5 hari kerja karena dalam kondisi masa pandemi Covid-19.

Bambang menyebut ada lima pendaftar yang bersaing untuk lolos seleksi administrasi. Mereka adalah Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Moh Nalikan, Kepala Pemberdayaan Perempuan dan Anak drg Fida Nuraida, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Anang Taufik, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Fakhrudin Ali Fikri, dan Sekretaris DPRD Aris Wibawa.

Berita Terkait :  Penumpang KA Melonjak, Tercatat 363 Warga Berangkat ke Jakarta

Syarat administrasi bagi calon Sekkab, lanjut dia, harus kepala dinas atau badan. Selain itu, memiliki pengalaman jabatan dalam bidang tugas yang terkait sekurang – kurangnya lima tahun. Pernah minimal dua kali menduduki jabatan tinggi pratama yang berbeda (eselon II/b). Kemudian memiliki sertifikat pelatihan kepemimpinan nasional (Diklatpim Tk II), dan berusia setinggi-tingginya 56 tahun.

“Itu beberapa syarat yang harus dipenuhi dan nanti tim pansel yang menentukan,” tutur mantan kepala Satpol PP itu. “Hari ini diumumkan siapa saja yang lolos untuk tahapan selanjutnya,” imbuhnya.

Berita Terkait :  12 ASN Bepergian Tapi Tak Melanggar

Jika dinyatakan lolos, maka mereka dijadwalkan mengikuti seleksi kompetensi manajerial secara online, 21 – 22 Juli mendatang. Bambang menuturkan, seleksi langsung dihandle tim panitia seleksi Pemprov Jatim. Daerah tidak dilibatkan. Menurut dia, karena sedang pemberlakuan PPKM darurat, maka semua tahapannya dilakukan secara online.

Bambang menambahkan, tahapan seleksi Sekkab akan dimaksimalkan bulan ini. Setelah seleksi kompetensi, dilanjutkan wawancara. Tiga orang dengan nilai tertinggi dari hasil seleksi itu diserahkan kepada bupati. Selanjutnya, pengisi kursi Sekkab ditetapkan setelah mendapatkan persetujuan gubernur, KASN, dan Mendagri.

Berita Terkait :  Dari Jualan Lesehan, Bisa Daftar Haji

Harapannya, Agustus sudah penetapan dan pelantikan Sekkab. Seperti diberitakan, jabatan Sekkab terakhir dipegang Yuhronur Efendi. Agustus tahun lalu dia mengundurkan diri karena maju mengikuti pemilihan bupati setempat.

Yuhronur yang berpasangan dengan Abdul Rouf akhirnya terpilih sebagai pemenang pilkada dan menjabat bupati saat ini. Jabatan Sekkab kemudian diisi Pj yang dipilih gubernur Jatim. Yakni, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jatim, Aris Mukiyono.

Jangan Lewatkan berita lainnya hanya di Babatpost.com dengan cara Follow BabatPost di Google News

sumber : radarbojonegoro.jawapos.com

Related posts