Bupati Lumajang sedekah gaji untuk rakyat kena PPKM, pejabat negara komisaris BUMN gimana?

Terobosan pejabat di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dilakukan di Lumajang Jawa Timur lho. Bupati dan Wakil Bupati Lumajang sedekah gaji penuh mereka untuk program bantuan PPKM Darurat. Gaji bupati dan wakil bupati itu diserahkan untuk beli beras untuk dibagi ke masyarakat Lumajang terdampak PPKM Darurat.

Banyak pihak yang mengapresiasi terobosan yang dilakukan Bupati Lumajang, Thoriqul Haqdan Wakil Bupati Lumajang, Indah AMperawati ini lho. Maka muncul harapan, seluruh pejabat di Indonesia juga melakukan langkah yang sama seperti Nah berapa sih gajinya Bupati dan Wakil Bupati Lumajang ya.

Bupati wakil bupati sedekah gaji penuh

Bupati Thoriqul Haq dan Wakil Bupati Lumajang Indah menyerahkan gajinya kepada forum zakat selama PPKM Darurat untuk tambahan beras untuk masyarakat terdampak PPKM Darurat.

“Jadi, selama PPKM Darurat gaji kami sepenuhnya untuk beli beras, kemudian disalurkan kepada masyarakat yang terdampak karena PPKM Darurat, terutama bagi pekerja dengan hasil harian yang tidak sesuai dengan harapan,” ungkap Cak Thoriq dikutip dari laman Pemkab Jember, Minggu 18 Juli 2021.

Berita Terkait :  Kamrussamad minta PPKM darurat diperpanjang hingga 17 Agustus 2021

Bukan cuma itu saja, Cak Thoriq meminta kepada ASN di lingkungan Kabupaten Lumajang untuk membantu masyarakat terdampak PPKM Darurat melalui Gerakan Forum Zakat Peduli. Cak Thoriq mengatakan teknisnya nanti perangkat daerah masing-masing akan mengumpulkan bantuan dari ASN. Bantuan tambahan dari ASN ini dipakai untuk penambakan bantuan sembako.

“Saya dan Bunda (Wakil Bupati) akan meminta sukarelanya ASN untuk ikut membantu program ini bersama. Untuk teman-teman yang ingin membantu, kami akan dengan senang hati menerima donasi dari masyarakat,” kata Cak Thoriq.

Pemerintah Kabupaten Lumajang bersama sebelas lembaga Amil Zakat telah membuat Gerakan Forum Zakat Peduli. Gerakan tersebut difokuskan untuk menghimpun donasi dari masyarakat dalam bentuk uang tunai yang nantinya akan dibelikan beras untuk disalurkan kepada masyarakat terdampak PPKM darurat.

Berita Terkait :  Pembunuh Dosen UMSU sudah diamankan berikut tiga tersangka lain

Pejabat negara komisaris BUMN kapan ikutan juga

Nah terobosan dari Bupati dan Wakil Bupati Lumajang ini mendapat pujian dari warganet. Salah satu akun orang NU, Gus Umar mendukung apa yang dilakukan petinggi Lumajang tersebut.

Gus Umar berharap banget agar pejabat lainnya juga meniru langkah dari Cak Thoriq dan wakilnya itu.

“Coba semua bupati, pejabat negara, direksi dan komisaris BUMN sumbangkan gaji mrk spt bupati Lumajang ini sumbangkan gajinya buat rakyat itu pasti bisa membantu rakyat kecil,” tulisnya di Twitter, Minggu 18 Juli 2021.

Oiya gimana menurutmu setuju nggak pejabat dan komisaris BUMN di Indonesia untuk ikut sumbangkan gajinya untuk masyarakat?

Nah kalian barangkali penasaran ya, bera sih gaji bupati?

Gaji bupati diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 59 Tahun 2000 tentang Hak Keuangan/Administratif Kepala Daearh/Wakil Kepala Daerah/Dan Bekas Kepala Daerah/Bekas Wakil Kepala Daerah Serta Janda/Dudanya.

Berita Terkait :  Heboh! Menantu Airlangga Hartanto diduga bulan madu ke Jepang saat PPKM darurat, netizen geram

PP itu merevisi aturan gaji bupati sebelumnya yakni PP Nomor 9 Tahun 1980.

Nah adalam aturan PP 2000 itu, gaji bupati atau kepala daerah kabupaten/kota itu Rp2,1 juta per bulan, dan wakil bupati itu gajinya Rp1,8 juta per bulan.

Tapi jangan salah, kepala daerah kabupaten kota masih mendapatkan tunjangan jabatan dan tunjangan lainnya.

Tunjangan kepala daerah diatur dalam Perpres Nomor 68 Tahun 2001 tentang Tunjangan Jabatan Bagi Pejabat Negara Tertentu. Nah menurut aturan itu, tunjangan bupati Rp3,78 juta per bulan dan tunjangan wakilnya Rp3,24 juta per bulan.

Nah sudah jelas ya, jadi kamu tahu gaji bupati dan wakilnya Sobat Hopers. Semoga pejabat lainnya terketuk juga ya untuk turut sumbangkan gajinya penuh untuk masyarakat terdampak PPKM Darurat.



Sumber Berita

Dapatkan update berita viral menarik hanya di BabatPost.com, Jangan Lupa Follow BabatPost.com di Google News

Comments
Memuat...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More