Tunanetra ini disuruh bayar denda Rp50 ribu karena pemakaian masker

Media sosial diramaikan oleh tayangan video yang menampilkan seorang pria tunanetra yang mengaku dirinya terkena razia masker lantaran maskernya dipakai di bawah hidung. Dia pun disuruh membayar denda Rp50ribu.

Video ini menjadi viral dan salah satunya dilihat Hops.id di akun Instagram @lambe_turah, Minggu (18/7/2021).

Dalam video tersebut, seorang wanita bertanya kepada pria tersebut dengan menggunakan bahasa Sunda. Pria tunanetra yang diketahui bernama Ujang Utun membenarkan dirinya didenda petugas sebesar Rp50.000.

Hal ini karena masker yang dikenakan oleh Ujang tak sepenuhnya menutupi bagian hidung. Ujang yang keseharian berprofesi sebagai tukang antar gorengan memberi penjelasan mengapa maskernya bisa turun.

Berita Terkait :  Kawah Sieri Dieng Meletus, Puluhan Pengunjung Terluka

Rupanya dia hendak meminum jus sehingga sengaja menurunkan maskernya ke dagu. Namun saat dipakai kembali, posisinya belum terpasang secara sempurna.

“Pedah ieu nolol kieu (gara-gara kebuka gini). Pan urang ges minum es jus (kan saya sudah minum jus),” ujar Ujang seperti dikutip dari Pikiran Rakyat, Minggu (18/7/2021).

Dia pun terpaksa harus membayar denda yang telah ditentukan oleh petugas.Uang itu juga diakui Ujang sebagian didapat dari hasil patungan atau uluran tangan dari rekannya.

“Didenda Rp50.000. Rp25.000 ewang sama si obeh (Rp25.000 dibantu teman),” tuturnya.

Berita Terkait :  Profil Bripda Ismi Aisyah, Si Cantik Di Bom Panci Bandung

Setelah kejadian, Ujang mengaku ikhlas membayar denda kepada petugas dan meminta agar tidak memperpanjang masalah.

“Ai abdi mah teu kudu diperpanjang (Kalau saya tidak usah diperpanjang),” katanya.

Netizen geram

Sontak unggahan tersebut menyulut kemarahan netizen, tak jarang yang menyayangkan sikap aparat menjatuhi denda pada sang tunanetra.

“Kemanusiaan tuh di mananya?,” kata salah seorang netizen dengan akun @gord***suryana

“Lain bantuan dibenerkeun eta maskerna kalahka didenda (Bukannya dibantu dibenarkan maskernya, malah didenda). Teuing geus kamana eta pipikiranna (Entah ke mana pikirannya) astagfirullah,” kata netizen dengan akun @dzik***zivara_.

Berita Terkait :  Tak Hanya di Indonesia, Demam "Om Telolet Om" Mendunia

“Empati sudah hilang,” ujar netizen dengan akun @go**dala.



Sumber Berita

Dapatkan update berita viral menarik hanya di BabatPost.com, Jangan Lupa Follow BabatPost.com di Google News

Comments
Memuat...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More