Bakal Dipakai Liga 1, Stadion Surajaya Butuh Dana Perbaikan 600 Juta

  • Share

BabatPost.com – Stadion Surajaya Lamongan ditunjuk sebagai salah satu lokasi pertandingan kompetisi Liga 1 tahun ini, yang rencananya bakal dipusatkan di Pulau Jawa. Namun verifikasi belum bisa dilakukan PT Liga Indonesia Baru (LIB) karena ada kebijakan PPKM darurat.

Diperkirakan akan dilakukan usai PPKM darurat mendatang.  ‘’Sampai sekarang belum ada informasi lebih lanjut terkait verifikasi. Kami masih menunggu petunjuk,’’ tutur Kasi Sarpras Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Lamongan, Sahlul Mu’arikh kepada Jawa Pos BabatPost.com, kemarin (18/7).

Berita Terkait :  Antibodi Pendonor Rendah, Stok Plasma Konvalesen Kosong

Sahlul mengatakan, sudah mendapatkan persyaratan yang harus dilengkapi bagi stadion yang bisa menggelar pertandingan kompetisi di kasta tertinggi Indonesia tersebut. Dua hal penting yang menjadi PR Dispora yakni pemenuhan ruangan dan lampu. ‘’Detailnya sudah kami terima. Kami akan mengupayakan bisa memenuhi standarisasi,’’ katanya. 

Sahlul menjelaskan, sejumlah ruangan harus disediakan. Selama ini sudah adat sejumlah ruangan, yang nantinya hanya menyesuaikan fungsi yang diminta dari operator kompetisi. ‘’Setiap tahun, Stadion Surajaya selalu lolos verifikasi. Semoga musim ini juga bisa,’’ tukasnya. 

Berita Terkait :  Hujan Tak Juga Reda, Bengawan Solo Semakin Meluap, 1 Desember

Menurut dia, standarisasi yang ditetapkan cukup tinggi, yakni stadion harus memiliki penerangan 1.200 lux. Sedangkan, kini lampu stadion berkapasitas 18 ribu lebih penonton tersebut hanya 700 lux. ‘’Tapi kami koordinasikan, sebelumnya batas minimalnya 800 lux. Mungkin itu yang nanti coba kita upayakan,’’ tukasnya. 

Dana yang dibutuhkan untuk memenuhi lampu penerangan 800 lux. Sahlul menjelaskan, satu tiang berisi 30 lebih lampu, yang satu unitnya sekitar Rp 20 juta. Sehingga, dibutuhkan anggaran sekitar Rp 600 juta untuk memenuhi penerangan 800 lux. ‘’Sebenarnya lampu yang kita miliki sekarang sudah cukup bagus, tapi coba nanti akan kita koordinasikan,’’ terang Sahlul saat dikonfirmasi via ponsel.

Berita Terkait :  Mayat mengapung ditemukan di Bengawan Solo, Lamongan

Jangan Lewatkan berita lainnya hanya di Babatpost.com dengan cara Follow BabatPost di Google News

sumber : radarbojonegoro.jawapos.com

  • Share