Bhinneka Tunggal Ika, tercermin nyata di lima lokasi di Indonesia ini, harmonis dan menyejukkan…

  • Share

Memiliki penduduk sebanyak 271 juta jiwa dari ragam suku yang berbeda-beda, membuat Indonesia menjadi negara yang kaya akan perbedaan suku bangsa, budaya, agama. Hal ini sejatinya harus dipandang sebagai kekayaan bangsa dan bukannya sebagai perbedaan yang menghalangi anak bangsa untuk bersatu dan harmonis dalam perbedaan. Seperti semboyan Indonesia Bhinneka Tunggal Ika.

Dilansir dari situs resmi indonesia.go.id, ada 6 agama besar yang diakui di Indonesia, yaitu: Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu. Sesuai semboyan Indonesia, “Bhinneka Tunggal Ika”, walaupun berbeda-beda, kita harus tetap bersatu sebagai bangsa yang satu, yakni bangsa Indonesia.

Bhinneka Tunggal Ika juga harus menjadi pedoman kita sehari-hari dalam pergaulan dengan orang-orang yang berasal dari suku, budaya yang berbeda-beda. Aneka keragaman ini harus jaga dan kita hindari konflik dalam kehidupan anak bangsa ini.

Beberapa sikap yang dapat kita kembangkan dalam menjaga persatuan dan kesatuan dalam ikatan Bhinneka Tunggal Ika adalah sebagai berikut:

1. Saling Menghargai

Hal utama yang paling penting untuk dilakukan adalah saling menghargai sesama umat manusia. Saling menghargai akan menghindarkan kita dari masalah, karena kita akan sama-sama mawas diri.

2. Saling Membantu

Manusia pada dasarnya merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lainnya, demikian pula hanya di dalam menjalin keberagaman di Indonesia. Tidak harus menunggu bencana alam untuk saling membantu, karena membantu bisa dimulai dari hal yang sesederhana mungkin, seperti membantu orang tua untuk turun dari angkot.

3. Saling menjalin kebersamaan

Di dalam kondisi senang maupun sedih, kita tetap bisa menjalin kebersamaan dengan bersimpati dan bahkan berempati. Jika memang belum bisa banyak membantu, setidaknya jadilah pendengar yang baik bagi sesama yang butuh tempat curhat dan doakan agar ia bisa segera menemukan jalan keluar dari masalahnya.

Sebagai negara ber-Bhinekka Tunggal Ika, keberagaman agama dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari dan nyata terwujud serta harmonis. Ada beberapa lokasi di Indonesia ini yang mencerminkan kerukunan beragama meski berbeda-beda tapi tetap terjaga dan lestari hingga kini. Berikut ini lokasinya:

1. Kompleks Puja Mandala, Kuta, Badung, Bali

Lima tempat ibadah yang berdampingan tanpa masalah satu sama lain, yaitu: Masjid Agung Ibnu Batutah, Gereja Katolik Paroki Maria Bunda Segala Bangsa, Vihara Buddha Guna, Gereja Protestan GKPB Jemaat Bukit Dua, Pura Jagatnatha.

2. Kampung Bulak Cibinong, Bogor, Jawa Barat

Keindahan bangunan Masjid Tan Kok Liong yang dibangun dengan arsitektur yang menyerupai klenteng.

3. Pamekasan, Madura, Jawa Timur

Vihara Avalokitesvara yang memuat 4 tempat ibadah, yaitu: musala untuk umat Muslim, pura untuk umat Hindu, lithang untuk umat Konghucu, dan dhammasala untuk umat Buddha.

4. Jakarta Pusat, DKI Jakarta

Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral yang berseberangan, bahkan tak jarang umat Gereja Katedral memarkir mobil di lapangan parkir Masjid Istiqlal yang teramat luas.

5. Malang, Jawa Timur

GPIB Immanuel bertetangga dengan Masjid Agung Jami secara rukun.

Nah, sekarang sudah paham apa itu keberagaman agama dan cara menjaganya agar tetap rukun, kan? Yuk, saling menghargai, membantu, dan menjalin kebersamaan agar tercipta hidup yang rukun antar umat beragama.

Sumber Berita

Dapatkan update berita viral menarik hanya di BabatPost.com, Jangan Lupa Follow BabatPost.com di Google News

  • Share