Cara cek BLT DD, daftar penerima buka akses di laman Om-SPAN

  • Share

Kebijakan Pemberlakuan pembatasan Kegiatan masyarakat (PPKM) oleh pemerintah di pulau Jawa –Bali turut di dukung dengan program jarring pengaman sosial. Salah satunya melalui bantuan langsung tunai dana desa (BLT DD), yang bisa dicairkan dengan melihat daftar penerima melalui Om-SPAN.

Masyarakat yang menerima BLT DD sendiri merupakan kebijakan yang diberikan pemerintah dan dituangkan melalui instruksi Mendagri No.15/2021 tentang PPKM darurat. Dengan adanya program tersebut daerah diminta untuk mempercepat penyaluran BLT Dana Desa.

Pencairan BLT DD sendiri seluruhnya terintegrasi melalui aplikasi Om-SPAN suatu aplikasi berbasis web yang dinamakan Aplikasi Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (Aplikasi OM-SPAN).

Akses pencairan BLT DD melalui Om Span

Aplikasi OM-SPAN dapat diakses dengan mengetikkan alamat web http://spanint.kemenkeu.go.id pada browser di komputer/laptop/smartphone yang tersambung dengan jaringan internet.

OM SPAN (online monitoring SPAN) adalah Aplikasi berbasis WEB yang dapat diakses melalui jaringan Intranet dan Internet yang digunakan untuk melakukan monitoring transaksi SPAN dan menyajikan reporting sesuai kebutuhan.

Berikut instruksi terhadap percepatan penyaluran dan pelaksanaan BLT dana desa

a) Bupati/Walikota untuk melakukan percepatan evaluasi APBDesa bagi Desa yang belum menetapkan Peraturan Desa mengenai APBDesa, pengesahan data KPM oleh pemerintah Daerah, perekaman Data KPM penerima BLT-DD pada Om-SPAN sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan; dan

b) Kepala Desa untuk melakukan pendataan dan penetapan KPM, dan menindaklanjuti dengan pelaksanaan BLT-DD sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Tidak hanya BLT dana desa, pemda juga diminta juga mempercepat penyaluran bansos yang bersumber dari APBD. Selain itu daerah juga diingatkan untuk melakukan sinkronisasi bantuan sosial yang berasal dari pusat dengan bantuan sosial yang bersumber dari APBD.

Cara cek penerima Untuk mengetahui apakah termasuk dalam penerima manfaat BLT Dana Desa, dapat dilakukan dengan langkah berikut:

1. Kunjungi laman sid.kemendesa.go.id

2. Pada halaman home, terdapat dua pilihan pencarian data desa

3. Pilih pencarian data desa berdasarkan nama desa

4. Ketika nama desa, kemudian enter

5. Setelah muncul nama desa, pulih BLT DD pada menu

6. Daftar penerima BLT Dana Desa akan terlihat Sebagai catatan, dimungkinkan adanya perubahan nama dan alamat pada penerima BLT Dana Desa sesuai hasil musyawarah desa.

Sumber Berita

Dapatkan update berita viral menarik hanya di BabatPost.com, Jangan Lupa Follow BabatPost.com di Google News

  • Share
Exit mobile version