Jelang Hari Anak Nasional, ratusan anak panti asuhan mendapat vaksinasi Covid-19

  • Whatsapp

Komisioner KPAI Jasra Putra (kiri) menghadiri kegiatan Vaksinasi Anak yang digelar KPAI bersama KPPPA dan sejumlah organisasi anak dalam rangka Hari Anak Nasional di Assembly Hall, Balai Sidang, Jakarta. Foto: Hops.idJuly 22nd, 7:26pmJuly 22nd, 7:26pmBhakti Hariani – HopsID

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA) dan sejumlah organisasi anak mengadakan vaksinasi anak dalam rangka Hari Anak Nasional 23 Juli 2021. Kegiatan vaksinasi ini bertema “Anak Terlindungi – Indonesia Maju, Anak Peduli Di Masa Pandemi”.

Vaksinasi ini juga diberikan kepada anak-anak yang berada di panti asuhan. Komisioner KPAI Jasra Putra menuturkan, jelang Hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli, vaksinasi bagi anak-anak yang kerap ‘terlupakan’ merupakan hak yang wajib diberikan juga kepada anak-anak tersebut.

“Anak anak dalam perlindungan khusus ini, baik di panti asuhan, anak jalanan, anak dari orang tua yang tidak mampu mengasuh karena berbagai sebab harus tetap mendapatkan haknya untuk vaksinasi. Kita semua berkejaran dengan penularan. Maka vaksinasi harus segera dilaksanakan juga untuk mereka,” ujar Jasra kepada Hops.id, Kamis (22/7/2021).

Berita Terkait :  Licik! Pelamar CPNS daftar pakai materai hasil download, publik: Calon koruptor

Diungkap Jasra, kegiatan vaksinasi bagi anak-anak yang kerap ‘terlupakan’ ini sesuai dengan Undang Undang Perlindungan Anak Pasal 44 bahwa Pemerintah dan Pemerintah Daerah termasuk juga masyarakat, wajib menyelenggarakan kesehatan yang komperhensif pada anak anak kita. Baik dengan cara promotif, preventif, kuratif dan termasuk juga rehabilitatif. 

“Kami berharap anak anak usia 12 sampai 17 tahun yang jumlahnya 26 juta bisa segera divaksinasi agar mereka terlindung dari Covid-19. Tentunya ini  pekerjaan yang sangat luar biasa,” ujar Jasra.

Asisten Deputi Pelayanan Anak Yang Membutuhkan Perlindungan Khusus Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA) Robert Parlindungan Sitinjak menuturkan, berdasarkan data, kematian pada anak karena Covid-19 cukup tinggi.

“Ini tentunya sangat memprihatinkan. Kami benar-benar all out untuk vaksinasi ini. Zero tolerance lah terhadap kekerasan anak dan juga kepada anak yang terpapar Covid-19,” tutur Robert.

Berita Terkait :  Ketika negeri sebesar Amerika kewalahan lawan hoaks yang membuat vaksinasi melambat

Bahagia divaksinasi

Anak-anak di panti asuhan mengaku bahagia karena mereka telah mendapatkan vaksinasi. Diantaranya dirasakan Syifa Syafiqoh Ulayya Sigit (14 tahun) dari Panti Muhammadiyah Tanah Abang. Syifa berkisah tentang pengalamannya divaksin, “Selama divaksin saya merasakan agak sakit dan pegal di tangan, tetapi rasa sakitnya seperti biasa saja. Saya berharap teman teman yang lain tidak ragu lagi untuk vaksinasi juga ya,” kata Syifa.

Komisioner KPAI Jasra Putra bersama Asisten Deputi Pelayanan Anak Yang Membutuhkan Perlindungan Khusus Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA) Robert Parlindungan Sitinjak berdialog dengan Koordinator Vaksinasi Anak dr. JC Prihadi dalam kegiatan Vaksinasi Anak di Assemly Hall, Balai Sidang, Jakarta. Foto: Hops.id

Senada diungkap Akhidatul Faiz (15 tahun) dari Panti Muhammadiyah Depok. Faiz berkisah bahwa awalnya dia diberi tahu di grup WhatsApp.

“Saya sempat kaget ada pemberitahuan untuk vaksinasi di grup WhatsApp. Pertama-tama takut, karena kan katanya vaksin gimana-gimana gitu ya. Tapi ya sudah saya coba memberanikan diri. Ketika divaksinasi, saya kira akan sakit ternyata nggak sama sekali. Efeknya hanya ngantuk dan pegal di lokasi suntikan saja,” tutur Faiz.

Berita Terkait :  Apa itu Chiropractic, begini penjelasannya

Gerak bersama vaksinasi anak ini berlangsung atas inisiasi bersama Yayasan Alumni Kanisius Menteng 64 (AM64), Eka Tjipta Foundation, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Majelis Pelayanan Sosial PP Muhammadiyah (MPS PPM), Forum Nasional Panti LKSA PSAA, DMC Dompet Dhuafa, Aktifis Anak dan Disabilitas, Jaringan Kerja Lembaga Pelayanan Kristen (JKLPK) dan ELSAFAN.

Komisioner KPAI Jasra Putra bersama Asisten Deputi Pelayanan Anak Yang Membutuhkan Perlindungan Khusus Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA) Robert Parlindungan Sitinjak berdialog dengan anak-anak yang akan divaksin dalam kegiatan Vaksinasi Anak di Assembly Hall, Balai Sidang, Jakarta. Foto: Hops.id

Sumber Berita

Dapatkan update berita viral menarik hanya di BabatPost.com, Jangan Lupa Follow BabatPost.com di Google News

  • Whatsapp

Related posts