Negara lagi susah, hutang menumpuk, kok Prabowo borong jet dari Korsel?

  • Whatsapp

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Foto Instagram @kemenhanriJuly 22nd, 6:13pmJuly 22nd, 6:17pmJalaludin Rumi – Hops.ID

Baru-baru ini, Kementerian Pertahanan (Kemenhan) di bawah kepemimpinan Prabowo Subianto kabarnya berhasil memboyong enam unit pesawat jet T-50i Golden Eagle dari Korea Selatan (Korsel). Berdasarkan hasil penelusuran kami, negara harus mengeluarkan dana Rp3,4 triliun untuk menebus keenam unitnya.

Keputusan Prabowo ‘menghambur-hamburkan uang untuk membeli kendaraan di matra udara tersebut tentu melahirkan pro dan kontra di tengah publik. Sebagian setuju dengan alasan memperkuat ketahanan negara, namun tak sedikit yang menolak lantaran negara sedang susah akibat pandemi.

Bukan hanya kesusahan, hutang luar negeri Indonesia belakangan juga mulai membengkak. Hingga Juni kemarin, disitat CNBC, negara telah berhutang sebesar Rp6.418 triliun. Padahal, pada Januari lalu, hutang negara berada di kisaran Rp6.233 triliun.

Lantas, satu yang menjadi pertanyaan: apakah keputusan Prabowo memboyong enam jet asal Korsel telah melalui pertimbangan panjang dan matang?

Berita Terkait :  Ngamuk, Jorge Lorenzo jadi yang tercepat di sesi kualifikasi MotoGP Valencia 2016

T50 Golden Eagle. Foto: Airforce Review.

Kepala Biro Humas Sekretariat Jenderal Kemenhan, Marsma TNI Penny Radjendra membenarkan, pihaknya telah memboyong enam unit Golden Eagle untuk memenuhi permintaan dan kebutuhan TNI AU.

“Untuk memenuhi permintaan dan kebutuhan TNI AU, pada tahun 2021 Kemenhan melanjutkan kerja sama tersebut dengan rencana penambahan enam unit pesawat tempur T-50i dengan KAI,”ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip Kamis 22 Juli 2021.

Lebih jauh, dia memastikan, proses pengadaan enam unit T-50i itu telah melalui prosedur dan aturan yang berlaku dengan melibatkan kementerian atau lembaga terkait.

Pengadaan juga dilakukan dengan mengedepankan aspek efisiensi, efektivitas, transparansi, dan akuntabilitas, sehingga objektivitas dalam setiap tahapan proses kontrak dapat dipertanggungjawabkan.

“Pengadaan enam unit pesawat T-150i dari KAI Korea Selatan ini juga dilaksanakan dengan tetap memperhatikan optimalisasi pemanfaatan komponen industri dalam negeri untuk mendukung penguatan industri strategis dalam negeri,” kata dia.

Berita Terkait :  Fakta yang perlu anda ketahui soal Rustam Effendi mantan Wali Kota Jakut

Spek jet Korsel yang dibeli Prabowo

Disitat dari sejumlah sumber, T-50i Golden Eagle merupakan pesawat latih (trainer) supersonic dengan dimensi yang tak terlalu besar. Kendaraan matra udara itu pertama kali dikenalkan pada 2005 silam.

Golden Eagle sendiri merupakan produk hasil join venture atau patungan dua perusahaan penerbangan, yakni Korean Aerospace Industries (17 persen) dan Lockheed Martin (13 persen) bersama dengan pemerintah Korea Selatan (70 persen).

T50 Golden Eagle. Foto: Wikipedia

Golden Eagle menggunakan mesin general electric F404-GE-102 yang mampu memberikan dorongan 8.04 ton dan kecepatan maksimum mach 1.5+. Sementara daya tanjaknya 12.070 meter per menit dengan ketinggian maksimum 14,8 kilometer lebih.

Berita Terkait :  Lagi, Pesawat Israel serang pemukiman Gaza, anak 10 tahun tewas mengenaskan

Meski berukuran kecil, pesawat tersebut memiliki daya jelajah yang terbilang tinggi, yakni 1.400 kilometer dan radius misi 444 kilometer.

Golden Eagle dibekali dengan persenjataan yang terbilang lumayan, yakni kanon 20 mm General Electric M61 Vulcan dengan 205 peluru diumpankan linear tanpa sambungan yang bisa dipasang internal tepat di belakang kokpit, rudal udara ke udara AIM-9 Sidewinder yang bisa dipasangkan pada setiap rel di ujung sayap, dan rudal-rudal yang lain bisa dipasang di cantelan bawah sayap.

Selain itu, burung udara tersebut juga dipersenjatai dengan rudal AGM-65 Maverick, peluncur roket LAU-3 dan LAU-68, bom kluster CBU-58 and Mk-20, serta bom multiguna Mk-82, Mk-83, dan Mk-84.

Sumber Berita

Dapatkan update berita viral menarik hanya di BabatPost.com, Jangan Lupa Follow BabatPost.com di Google News

  • Whatsapp

Related posts