Samsung Galaxy Z Fold 3 Bakal dibekali Sistem Pendingin

  • Share

BabatPost.com – Samsung Galaxy Z Fold 3 akan meluncur bersama ponsel lipat lainnya, yakni Galaxy Z Flip 3, pada Agustus tahun ini. Kedua smartphone juga sudah masuk tahap produksi massal.

Seperti pada umumnya smartphone yang akan dirilis dalam waktu dekat, informasi mengenai spesifikasi smartphone itu pun terus bermunculan. Terbaru sebuah rumor menyebutkan terkait sistem pendingin Samsung Galaxy Z Fold 3.

Akun Twitter leaker Ice Universe lah yang pertama kali membagikan rumor terbaru ini di salah satu cuitan terbarunya terkait rumor sistem pendingin Samsung Galaxy Z Fold 3.
Menurut akun Twitter Ice Universe, Samsung Galaxy Z Fold 3 akan memiliki kemampuan sangat baik dalam hal sistem pendingin. Terlebih ketika digunakan untuk bermain game, sistem pendingin Samsung Galaxy Z Fold 3 akan dapat mendinginkan perangkat dengan baik.

Berita Terkait :  Ini penampakan Samsung Galaxy A9

Bahkan, akun Twitter Ice Universe mengklaim bahwa performa sistem pendingin Samsung Galaxy Z Fold 3 jauh diatas salah satu smartphone samsung lainnya.

Jelasnya, akun Twitter Ice Universe menuliskan di cuitannya bahwa sistem pendingin Samsung Galaxy Z Fold 3 lebih baik dibanding Samsung Galaxy S21 Ultra. Sebagaimana diketahui, Samsung Galaxy Z Fold 3 akan menggunakan chipset besutan Qualcomm, yakni Snapdragon 888.

Chipset ini dilaporkan memiliki kendala yang cukup serius dalam hal suhu atau tempertur berlebih, terutama saat dipakai untuk bermain game. Namun, menurut rumor terbaru akun Twitter Ice Universe, kendala tesebut tidak akan terlalu berarti di Samsung Galaxy Z Fold 3 lantaran smartphone anyar ini memiliki sistem pendingin yang mumpuni.

Berita Terkait :  Penjualan Handset Naik, Pendapatan Huawei Naik 37 Persen

Sistem pendingin di smartphone 

Terkait mengenai sistem pendingin Samsung Galaxy Z Fold 3, seberapa besar fungi pendingin yang ada di smartphone dan haruskah smartphone didukung dengan sistem pendingin?

Sejatinya, kondisi tersebut tidak terlepas dari chipset dan desain smartphone tersebut. Tetap saja chipset terbaik pun tidak bisa bekerja sendiri. Khususnya smartphone gaming. Smartphone ini harus mempunyai desian perangkat yang mendukung yaitu sistem pendingin atau cooling.

Suhu panas adalah musuh dari komponen elektronik. Tidak cuma mengurangi usia komponen tapi juga membuat performanya tidak stabil. Bayangkan chipset yang didesain punya performa tinggi justru bisa mengalami penurunan performa apabila suhu panas tidak diatasi.

Berita Terkait :  Samsung Tarik Galaxy Note 7 Di Pasaran

Akibatnya demi menjaga optimalisasi dan keamanan komponen akan otomatis menurunkan performanya. Di sini fungsi sistem pendingin punya peran penting. Makanya smartphone gaming tidak ada bedanya dari PC dan laptop gaming. Smartphone gaming terbaik adalah yang memiliki sistem pendingin sempurna. Tujuan agar perangkat punya performa yang maksimal dalam jangka waktu yang lama sesuai durasi permainan.

Sejauh ini seperti diketahui, Samsung Galaxy Z Flip 3 adalah generasi ponsel lipat serta clamshell, jika Samsung menyertakan sistem pendingin, artinya Galaxy Z Flip 3 dapat diandalkan untuk gaming? hal itu belum dikonfirmasi pihak Samsung, dan masih menunggu beberapa waktu sampai waktu peluncuran Galaxy Z Flip 3.

  • Share