Joan Mir Resah Performa Suzuki Ketinggalan Jauh dari Tim Lainnya

  • Share

Berita MotoGP: Pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir tak menyangka bahwa para rivalnya mengalami peningkatan cukup signifikan selama ajang balap MotoGP 2021.

Tak bisa dipungkiri bahwa persaingan di kompetisi MotoGP musim ini memang berjalan sangat sengit. Hal ini tak lepas dari peningkatan yang ditunjukkan oleh tim-tim pabrikan.

Sang juara bertahan MotoGP, Joan Mir mengaku terkejut melihat kemajuan yang dialami pabrikan lain. Mir tak menampik pabrikan lain telah selangkah lebih maju dibandingkan dengan Suzuki dari segi pengembangan motor.

Mir sendiri sebelumnya mengkritik keras kurangnya pengembangan yang dilakukan Suzuki setelah menjadi juara pada musim lalu. Mir melihat motor GSX-RR miliknya kurang bisa bersaing dengan motor tim lainnya.

Berita Terkait :  Marc marquez bakal tampil habis-habisan di sisa balap untuk meraih gelar juara dari Lorenzo

Bahkan, ia kini merasa ragu sanggup mempertahankan gelar juara jika tidak ada perubahan signifikan pada motornya. Performa Mir sebenarnya masih tetap konsisten. Hanya saja posisi finisnya tidak sebaik musim lalu ketika ia menjadi pelanggan tangga podium.

Sejauh ini, Mir baru mencatatkan tiga hasil podium dari total sembilan seri balap yang telah digelar, semuanya adalah posisi finis ketiga. Mir pun saat ini masigh tertahan di peringkat empat, terpaut 55 poin dari pemuncak klasemen MotoGP 2021, Fabio Quartararo dari tim Monster Energy Yamaha.

Berita Terkait :  Quartararo Dinilai Jadi Penyebab Maverick Vinales Tinggalkan Yamaha

Minimnya peningkatan di motor GSX-RR milik Suzuki ini memang wajar mengigat mereka turut terkena imbas pembekuan mesin karena Covid-19. Selain Aprilia dan KTM, tim-tim pabrikan di MotoGP lain masih menggunakan mesin yang sama dengan mesin yang disegel pada Maret 2020.

Kendati demikian, Mir yakin pembekuan yang terjadi seharusnya tidak menjadi alasan Suzuki untuk kalah inovasi dari kompetitor mereka.

“Saya pikir ini lebih karena karena Suzuki tidak menemukan langkah besar untuk membuat motornya lebih baik pada musim dingin kemarin,” ujar Mir.

Berita Terkait :  Hasil latihan pertama MotoGP Qatar, Rossi sudah cukup puas

“Dalam tes pramusim, Anda melihat Honda, Yamaha, Ducati, juga Aprilia, KTM, membawa motor yang berbeda dan Suzuki biasanya tidak membawa motor baru. Mereka membawa sasis baru, swingarm baru, mesin, selangkah demi selangkah dan secara progresif mencoba meningkatkan motornya.”

“Jadi biasanya ini berhasil tetapi Anda harus membawa beberapa hal baru. Saya harus mengatakan saya tidak menyangka ada perubahan besar dari pabrikan lain.”

“Saya tidak menduganya, mungkin Suzuki juga. Ini mungkin membuat [kompetisinya] menjadi sedikit lebih sulit,” tandasnya.

Dapatkan update berita lainnya hanya di BabatPost.com, Jangan Lupa Follow BabatPost.com di Google News

  • Share