Licik! Pelamar CPNS daftar pakai materai hasil download, publik: Calon koruptor

  • Share

Aksi seorang pelamar yang mendaftar sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS) dengan memakai materai hasil download mendadak jadi perbincangan hangat publik.

Awalnya, akal-akalannya itu berhasil diketahui oleh BKD Jawa Timur (Jatim). Kemudian BKD Jatim melaporkan temuannya itu melalui akun jejaring Twitter resminya.

Terlihat dalam kicauan tersebut, mereka menunjukkan cara curang pelamar CPNS yang menggunakan materai 10.000 hasil download dari Google alih-alih materai asli sebagai salah satu persyaratan.

Dalam pernyataannya, BKD Jatim menegaskan pihaknya sangat teliti dalam proses rekrutmen CPNS 2021. Karena itu, mereka menegaskan tidak bisa dikelabui dengan cara itu.

“Kami tak bisa dikelabui. Kami teliti. Ada-ada saja yaa,” tulis akun Twitter @bkdjatim dikutip Hops dari Suara, pada Sabtu, 24 Juli 2021.

Berita Terkait :  Ustaz Yusuf Mansur dicap orang sombong, pilih donor penghafal Alquran

BKD Jatim nampak membagikan dua gambar. Gambar pertama adalah materai versi download Google dan gambar kedua adalah surat pernyataan pelamar CPNS itu yang ditempel materai palsu dari Google.

Adapun alasan BKD Jatim membagikan hal ini untuk memberikan peringatan kepada pelamar CPNS lainnya agar tidak mencontoh perbuatan serupa.

“Terkait materai, kami pilih posting hanya untuk diketahui dan tidak dicontoh oleh pelamar berikutnya. Bukan lantas dikomen dengan bahasa yang kurang pantas. Bijak bermedsos adalah salah satu ciri calon ASN yang budiman,” tulis BKD Jatim.

Mendapat berbagai tanggapan dari warganet

Postingan BKD Jatim itu sendiri telah di retweet lebih dari 300 kali dan mendapatkan hampir 400 tanda suka. Warganet juga mengomentari mengenai pemalsuan materai itu dengan berbagai pendapat.

Berita Terkait :  Planning Pembunuhan Ahok Tercium Di Aplikasi Telegram, Benarkah ?

Banyak warganet yang mengkritik aksi pelamar tersebut karena dinilai berbuat curang dan tidak mau berusaha. Bahkan, ada yang menyebutnya sebagai calon koruptor.

“Same energy dengan orang-orang yang mau daftar hakim di MA tapi pakai sertif TOEFL hasil joki atau di Kejaksaan pake sertif komputer hasil beli hahaha baru penerimaan aja udah nggak jujur gimana nanti kalau udah ‘jadi’. Nggak heran SDM di instansi bisa getting worst,” komen warganet.

“Aku aja scan 2 materai, hasilnya beda, 1 terlalu cerah, langsung beli matrai lagi dan scan ulang, lah ini wkwk? Berani-beraninya,” curhat warganet.

Berita Terkait :  BKN perpanjang pendaftaran CPNS demi buka kesempatan lebih luas

“Wkwkww 1 materai di pakek dua aja udah pasti gak lolos administrasi, ehh ini malah save image, ada aja tingkahnya, ngakak, makasih min dah ngehibur di pagi yang cerah nan kelabu,” tulis warganet.

“Innalillahi wa inna illaihi rajiun. Masih daftar loh ini. Ketahuan banget laahhh gimana kualitas mentalnya seandainya sampai lolos dan jadi ASN,” kritik warganet.

“Kenapa ya gak mau berusaha keluarin duit 11k? Padahal kalau mau apa-apa itu mesti ada pengorbanan,” tegur yang lain.

Sumber Berita

Dapatkan update berita viral menarik hanya di BabatPost.com, Jangan Lupa Follow BabatPost.com di Google News

  • Share