Vaksin COVID-19 itu diberikan di atas kapal, karena para ABK tidak dapat meninggalkan tempat tugasnya

Jakarta (BabatPost.com) – TNI Angkatan Laut akan memberikan vaksin COVID-19 untuk para anak buah kapal (ABK) langsung di atas kapal demi membantu Pemerintah mempercepat target vaksinasi, kata Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono.

Vaksin COVID-19 itu diberikan di atas kapal, karena para ABK tidak dapat meninggalkan tempat tugasnya selama kapal beroperasi atau jangkar diturunkan (lego jangkar).

Dengan demikian, Yudo saat meninjau kegiatan vaksinasi di Pelabuhan Eksekutif Merak, Provinsi Banten, Selasa, menyampaikan TNI AL akan mendatangi para ABK lewat program vaksinasi “Ship to Ship”.

Artinya, kapal-kapal milik TNI AL akan mendekat ke kapal-kapal yang tengah lego jangkar, dan para tenaga kesehatan TNI AL akan langsung memvaksin para awak kapal.

Berita Terkait :  Kasal: Peringatan Iduladha tingkatkan empati dan jiwa sosial prajurit

Setidaknya ada 10 kapal yang akan dikerahkan untuk memvaksin para ABK langsung di tengah laut, di antaranya satu unit Kapal Angkatan Laut (KAL), satu unit kapal Patroli Keamanan Maritim (Patkamla), tiga unit Kapal Patroli Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), dan lima unit perahu karet milik Korps Marinir TNI AL, ujar Kepala Staf TNI AL sebagaimana dikutip dari keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta.

Sejauh ini, perairan di sekitar Merak dan Cilegon akan jadi fokus vaksinasi “Ship to Ship” TNI AL, karena tingkat vaksinasi di daerah itu masih sekitar 18 persen.

Berita Terkait :  9 dan 10 Juli 2016, Diperkirakan Akan Terjadi Puncak Arus Balik

“Nantinya, akan kami lanjutkan. Tidak di sini saja, mengerahkan personel TNI AL dan Polri, juga KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan), serta Koarmada I dan Lantamal,“ kata Kasal Laksamana TNI Yudo Margono di Pelabuhan Merak.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendukung program vaksinasi “Ship to Ship” TNI AL.

Ia juga memuji kegiatan vaksinasi massal di Pelabuhan Merak yang digelar oleh Korps Marinir TNI AL.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Kasal yang secara intensif telah melakukan kegiatan ini. Dan yang lebih luar biasa adalah kegiatan vaksinasi ini juga dilaksanakan dari kapal ke kapal, ship to ship sehingga awak-awak kapal ini nantinya tervaksin semua,” kata Menhub sebagaimana dikutip dari keterangan tertulis yang sama.

Berita Terkait :  80 Persen Pengembangan Wisata Bahari Dikuasai Asing

Ada sekitar 60 tenaga kesehatan bertugas sebagai vaksinator di Pelabuhan Merak, yang antara lain berasal dari Dinas Kesehatan Korps Marinir RSAL Marinir Cilandak, Batalion Kesehatan 1 Marinir Jakarta, Satuan Kesehatan Lanal Bangen, Tenaga Kesehatan Polres Banten, Kementerian Perhubungan, dan Kantor Kesehatan Pelabuhan.

Korps Marinir sebagai penyelenggara menargetkan kegiatan vaksinasi di Pelabuhan Merak diikuti 1.500 orang.

Dalam kegiatan itu, Kemenhub turut menyiapkan 700 paket bantuan sembako buat para peserta vaksinasi.

Sejauh ini, TNI AL telah membantu Pemerintah mempercepat vaksinasi COVID-19 dengan menggelar vaksinasi massal di daerah pesisir, area pelabuhan, dan di atas kapal-kapal yang beroperasi di tengah laut.