Perjalanan spiritual Lukman Sardi, sampai punya hubungan dengan Tuhan

  • Share

Lukman Sardi menceritakan perjalanan spiritual nya saat hadir sebagai bintang tamu dalam konten Daniel Tetangga Kamu milik Daniel Mananta. Menurut Lukman, ia mengalami proses yang cukup panjang hingga akhirnya kini memiliki hubungan dengan Tuhan. Seperti apa? Simak ulasan berikut.

Perjalanan spiritual Lukman Sardi

Lukman Sardi dan Daniel Mananta membahas banyak hal belum lama ini. Mulai dari kehidupan kecil Lukman Sardi, karier hingga perjalanan spiritual.

“Gue pengin fokus hubungan spiritual lu dengan ayah yang ada di surga, mungkin Allah saat itu, atau Tuhan ala Bapa saat ini. Ceritakan tentang perjalanan spiritual sampai akhirnya lu mempunyai hubungan dengan Tuhan,” tanya Daniel Mananta melansir YouTube.

Menanggapi pertanyaan itu, Lukman Sardi menjelaskan bahwa perjalanan spiritualnya sama dengan proses akhirnya ia menjalin hubungan baik dengan mendiang ayahnya, Idris Sardi.

Berita Terkait :  Sebelum meninggal, Tepeng Steven & Coconuttreez sudah 4 tahun sakit dan jalani perawatan khusus

“Sebenarnya sama aja dengan perjalanan akhirnya gue punya hubungan yang baik dengan bapak gue almarhum. Dari perjalanan itu gue ngalamin masa-masa merasa enggak ada masalah apa-apa sampai gue enggak dekat dengan bokap gue, sampai gue menyalahi dia, jadi orang yang gue benci tapi paling gue sayang,” ungkap Lukman Sardi.

Aktor 50 tahun tersebut mulai memahami cara didikan mendiang ayahnya yang dinilai keras. “Sampai akhirnya gue mulai memahami dia kenapa dia pada saat mendidik anaknya seperti ini, gue pelajari sejarahnya dia waktu dia kecil, ‘oh, saya mengerti kenapa’.”

Menurut Lukman, tidak mudah bagi mendiang Idris menjalani kehidupan tanpa seorang ayah di usia 14 tahun. Apalagi, ia harus menghidupi ibu dan delapan saudaranya.

Berita Terkait :  Nama bayi Aldi Taher bermakna doa, netizen: Semoga rezeki kayak Rafathar

“Terus dia juga mengalami kehidupan yang gampang, di mana anak umur 14 tahun udah ditinggal meninggal bapaknya, harus menghidupi ibu dan 8 adik kakaknya. Dan bahwa akhirnya setelah puluhan tahun bahwa bapaknya itu bunuh diri, menurut gue sejarah tentang itu akhirnya gue mengerti kenapa seperti itu,” ujarnya.

Melalui proses yang panjang

Perjalanan spiritual Lukman Sardi dijelaskan tidak mudah. Ia harus melalui proses yang cukup panjang. Tentunya dalam proses tersebut, aktor pemeran Preman Pensiun tersebut mengalami rasa kecewa.

“Gue melalui proses yang panjang, dari yang gue merasa enggak perlu sampai gue akhirnya merasa cari tahu, sampai akhirnya gue mencari. Tapi gue merasa dikecewakan juga. Spiritual kan ini tentang Tuhan, dengan Bapa, itu kan enggak mungkin lu enggak ada rasa kecewanya juga,” kata Lukman Sardi.

Berita Terkait :  Reza Rahadian menjabat ketua baru FFI, ingin perbaiki sistem penjurian

Sampai akhirnya Lukman menjalin komunikasi yang sangat baik dengan Tuhan. “Sampai di titik yang gue benar-benar punya komunikasi yang sangat baik, dalam arti dua arah. Bukan akhirnya gue bisa ngobrol sama Tuhan, tapi gue memahami bahwa Tuhan itu sebenarnya punya kuasa yang luar biasa, punya kasih yang luar biasa.”

Lukman memahami bahwa setiap doa yang ia minta selalu didengar meski tidak mengetahui kapan doa itu akan dikabulkan.

“Sebenarnya setiap doa yang lu minta itu didengar, cuman akhirnya gue memahami Dia tuh tahu kapan waktu yang paling pas, yang kita enggak pernah tahu,” pungkas Lukman Sardi.

Sumber Berita

Dapatkan update berita viral menarik hanya di BabatPost.com, Jangan Lupa Follow BabatPost.com di Google News

  • Share