Borussia Dortmund Menunjuknya Jadi Pengganti Jadon Sancho, Siapa Sih Donyell Malen Itu?

  • Share

BabatPost.com – Borussia Dortmund akhirnya datangkan Donyell Malen sebagai pengganti Jadon Sancho, tapi siapa sih sebenarnya pemain itu?

Statistik Utama

Striker berusia 22 tahun itu terlahir dari seorang ayah yang berasal dari Suriname dan ibu asli Belanda di kota Wieringen, Belanda. Bakat sepak bolanya sudah terlihat sejak ia masih kanak-kanak, dan pada tahun 2008 – saat usianya masih sembilan tahun, Malen bergabung dengan akademi Ajax.

Diungkapkan situs resmi Bundesliga, walau dia sudah bermain untuk semua tim muda di Timnas Belanda dan dipantau banyak tim besar Eropa, Malen malah tak percaya jika ia bisa tembus ke skuad utama Ajax. Sehingga, pada tahun 2015, Malen pindah ke Arsenal dan bergabung dengan skuad muda The Gunners saat usianya masih 16 tahun.

Striker muda asal Belanda itu sukses mencetak 44 gol selama dua musim karirnya di klub London Utara tersebut, tapi sebelum melaju ke skuad utama, PSV Eindhoven memboyong pemain baru Borussia Dortmund itu kembali ke negara asalnya.

Berita Terkait :  PSG Bertemu Agen Lewandowski di Tengah Rumor Kepergian Kylian Mbappe

Malen pindah ke PSV pada tahun 2017, di mana dia sudah berkontribusi dalam terciptanya 79 gol – 55 gol dan 24 assist, dalam 116 penampilannya di klub tersebut. Kepulangannya kembali ke negaranya pun membuatnya dipanggil ke Timnas Belanda. Ia memulai debutnya di bulan November 2019, dan sejauh ini Malen sudah tampil dalam 13 pertandingan dengan mengoleksi dua gol.

Bermain Mirip Thorgan Hazard

Malen hampir melengkapi paket seorang penyerang di era sepak bola modern saat ini. Ia berhasil tunjukkan bahwa ia bisa bermain dengan gemilang di semua titik di posisi menyerang, di mana terakhir ia diturunkan PSV sebagai penyerang tengah – posisi yang disukainya di lapangan.

Di atas lapangan, Malen berhasil gabungkan kecepatan dan kemampuan teknis yang luar biasa saat menguasai bola, dengan mata yang terus tertuju ke gawang lawan. Ia juga memiliki bakat defensif yang diyakini akan membuatnya dipuja suporter Borussia Dortmund.

Berita Terkait :  Manchester United Bikin Kejutan, Bidik Gelandang Tottenham Gantikan Pogba

Dengan postur 1,79 meter, Malen memang bukan seorang pemain bertubuh besar di depan gawang lawan, tapi ia kerap menjadi seorang penyerang yang gemar berlari ke belakang dan mengecoh para pemain bertahan lawan.

Sudah Tahu yang Ini?

Malen sudah belajar banyak dari dua penyerang papan atas dunia selama karir sepak bolanya yang terbilang belum lama-lama amat. Dia berlatih dengan Dennis Bergkamp di tim Ajax U-10, dan juga Thierry Henry – yang juga menjadi alasan kepindahannya ke Arsenal, dan pernah melatihnya di tim U-23 The Gunners.

Ini Kata Mereka Soal Bintang Baru Borussia Dortmund Itu

“Donyell benar-benar cepat dan sangat berbahaya. Jika dia mendapat peluang, biasanya kans itu juga akan diikuti dengan gol. Dia masih muda, tapi punya kemampuan yang sangat bagus,” tandas mantan gelandang Dortmund yang juga rekannya di PSV, Mario Götze.

Berita Terkait :  Keinginan Luis Alberto Tinggalkan Lazio Bisa Terganjal Satu Hal

Kemampuan Malen juga mendapat pujian dari direktur olah raga di klub barunya, Michael Zorc, yang mengakuinya sebagai seorang pemain dengan potensi menyerang yang luar biasa, berbahaya, kreatif dan sangat cepat di lapangan.

Namun hal itu tak mengejutkan, karena pengganti Sancho di Borussia Dortmund itu mengidolakan Ronaldinho dan berusaha mengikuti permainannya. “Saya menonton semua pertandingan yang dilakoni Ronaldinho di masa lalu, baik untuk Barcelona maupun Timnas Brasil. Kamar saya penuh dengan berbagai hal mengenai dia, dan saya ikuti semua trik permainannya,” ujar Malen.

Jangan Lewatkan berita lainnya hanya di Babatpost.com dengan cara Follow BabatPost di Google News

  • Share