5 Jersey Klub LaLiga Paling Ikonis

  • Share

BabatPost.com – Jersey bisa menjadi satu di antara elemen yang menggambarkan sebuah klub. Bahkan, tak jarang jersey dalam satu musim masih terus dikenang hingga saat ini.

Sejumlah klub LaLiga berlomba-lomba menghadirkan jersey menarik, tetapi tetap tidak melupakan indentitas klub. Motif dan warna jersey kerap berubah secara masif pada setiap musimnya.

Namun, ada beberapa jersey yang menjadi ikonis. Berikut ini adalah lima jersey klub LaLiga paling ikonis:

Barcelona, 2015-2016

Barcelona identik dengan jersey garis-garis biru dan merah vertikal bervariasi yang sudah menjadi ikon klub tersebut sejak didirikan pada tahun 1899. Namun, tradisi tersebut ditinggalkan pada musim 2015-2016 dengan jersey bermotif lingkaran horizontal yang menarik perhatian.

Jersey tersebut menjadi pusat dari sejumlag momen paling ikonis Blaugrana dalam beberapa tahun terakhir, termasuk gelar LaLiga dan Copa del Rey, serta kemenangan Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub.

Popularitas jersey tersebut bertahan hingga saat ini dan masih terlihat membanjiri tribun penonton saat pertandingan kandang di Camp Nou. Jersey legendaris ini tetap menjadi barang nomor satu yang wajib dimiliki untuk para penggemar Barca.

Berita Terkait :  Carlo Ancelotti Perintahkan Martin Odegaard Bertahan

Athletic Bilbao, 2004-2005

Klub lain yang juga identik dengan pola garis vertikal, Athletic Bilbao, mendobrak tradisi garis-garis ini pada musim 2004-2005 dengan sebuah jersey yang ikonik.

Dibuat secara khusus untuk merayakan lolosnya klub ini ke kualifikasi Eropa, jersey ini dirancang oleh seniman kelahiran Bilbao, Dario Urzay, yang ingin memberikan jersey tersebut nuansa lebih modern, seperti saat Museum Guggenheim berdiri pada tahun 1997.

Desain jersey buatannya ini sangat unik, hingga kemudian dikenal sebagai “jersey saus tomat” berkat desainnya yang menampilkan motif efek percikan. Bilbao jarang mengenakan jersey ini, tetapi ribuan penggemarnya tetap membeli jersey sebagai memorabilia.

Arenas de Getxo, klub Basque lainnya, sepertinya juga terkesan dengan jersey itu. Sebab, beberapa tahun kemudian mereka menyewa Urzay untuk membuat pola jersey perayaan seratus tahun klub mereka.

Atletico Madrid, 1995-1996

Atlético de Madrid menikmati musim terhebat dalam sejarah klub mereka pada musim 1995/96, dengan raihan gelar ganda LaLiga dan Copa del Rey yang belum pernah terjadi sebelumnya. Pada akhirnya, jersey tim dari musim itu terus dikenang oleh para penggemar Rojiblancos.

Berita Terkait :  Paulinho Mengaku Siap Pulang ke Barcelona jika Dipanggil

Jersey Atleti musim itu menampilkan garis-garis tebal berwarna merah dan putih yang menjadi ikon klub, dengan garis dan celana pendek berwarna biru. Jersey itu tampil dalam banyak foto paling terkenal dari legenda Atleti tahun 1990-an, Diego Simeone dan Milinko Panti?.

Para penggemar Atleti hingga kini masih sering terlihat mengenakan jersey musim itu. Tidak ada atribut yang dapat memamerkan era kejayaan klub asal Ibukota Spanyol tersebut lebih baik dari jersey musim 1995/96 itu.

Real Madrid, 2001-2002

Coba pikirkan lagi momen-momen terpenting dalam sejarah Real Madrid dan satu momen biasanya akan muncul lebih sering dibandingkan momen-momen lain… yaitu ketika Zinedine Zidane mencetak gol spektakuler di final Liga Champions 2002.

Momen ikonik tersebut tertanam dalam ingatan setiap Madridista. Sebagai hasilnya, jersey ikonis yang Zidane kenakan pada musim itu juga turut melegenda.

Los Blancos memilih desain sederhana untuk menandai seratus tahun klub di musim itu, mengangkat tema serba putih yang elegan seperti biasa, tetapi tanpa sponsor dan hanya dihiasi alamat situs web klub tersebut karena saat itu sepak bola mulai populer di internet.

Berita Terkait :  Uji Formasi Baru di Chelsea, Tuchel Siapkan Taktik untuk Haaland?

Penggunaan jersey itu juga bertepatan dengan terbentuknya salah satu skuad terbaik Real Madrid sepanjang masa yang berisikan Fernando Hierro, Luis Figo, Roberto Carlos, Steven McManaman, Raul, Fernando Morientes, dan tentu saja, Zizou.

Rayo Vallecano

Jersey Rayo Vallecano selalu ikonik setiap musimnya. Jersey Rayo Vallecano, yang menampilkan selempang merah di bagian depan, merupakan sebuah ikon. Satu di antara dari sedikit tim yang memakai motif garis setiap musimnya selain River Plate dan tim nasional Peru, Rayo selalu tampil menonjol kemana pun mereka bertanding.

Menariknya, selempang ini pertama kali muncul di jersey klub tersebut pada tahun 1949, 25 tahun setelah berdirinya tim asal Madrid itu pada tahun 1924.

Sejak saat itu, motif jersey ini telah mendefinisikan identitas Los Franjirrojos dan menjadikannya salah satu jersey yang paling mudah dikenali dalam sejarah LaLiga.

Jersey-jersey Rayo dipamerkan di dinding dan gerbang stadion Estadio de Vallecas klub, lambang klub, dan juga di sebagian besar atribut tandang mereka.

  • Share