Dinsos Kediri berikan bantuan kursi roda kepada penyandang disabilitas

  • Share

Kediri (BabatPost.com) – Dinas Sosial Kota Kediri, Jawa Timur, memberikan bantuan berupa kursi roda untuk penyandang disabilitas di kota ini, sebagai bentuk dukungan agar mereka tetap bersemangat dan berkarya, terlebih lagi di masa pandemi COVID-19 ini.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kota Kediri Luluk Nita Kumala di Kediri, Jumat, mengemukakan bahwa dinas sosial berupaya keras agar penyandang disabilitas di Kota Kediri selalu diperhatikan, salah satunya dengan memberikan bantuan kursi roda.

Bantuan ini untuk mendukung aktivitas para penyandang disabilitas, sehingga mereka juga bisa beraktivitas dengan lebih nyaman.

“Untuk menunjang aktivitas dari penyandang disabilitas ini, kami beri bantuan sesuai dengan kedisabilitasanya. Perlu diingat bahwa penyandang disabilitas memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan masyarakat yang memiliki fisik normal dan berhak untuk mendapat perhatian,” katanya.

Berita Terkait :  Formula 1: Cuaca buruk tunda start GP Belgia

Luluk mengatakan penyaluran kursi roda ini diberikan di empat titik wilayah Kota Kediri, antara lain di Kelurahan Tinalan, Burengan, Semampir, dan Tamanan. Bantuan diberupakan barang sehingga bisa langsung dimanfaatkan. Ada empat warga yang mendapatkan bantuan yang diberikan di tengah pandemi COVID-19 ini.

Ia menyebut, data penyang disabilitas yang membutuhkan bantuan itu didapatkan dari pendamping penyandang disabilitas dan tim reaksi cepat (TRC) yang berada di setiap kelurahan. Setelah dipastikan, bantuan diberikan kepada mereka yang berhak.

“Proses pengajuan bantuan sosial bisa dilakukan dengan pembuatan proposal yang disetujui oleh kelurahan dan ditujukan kepada Wali Kota Kediri. Apabila proposal disetujui maka dinas sosial akan bergerak dalam penyaluran bansos. Jika warga kesulitan datang ke kelurahan bisa menghubungi relawan dari dinas sosial yaitu TRC, di masing-masing kelurahan setempat,” kata Luluk.

Berita Terkait :  Tingkat keterisian tempat tidur di RS Lapangan Gejos Gresik turun

Samirin, warga Kelurahan Burengan, Kota Kediri mengaku terbantu dengan kursi roda ini. Ia mengatakan, selama ini tinggal hanya dengan anaknya. Namun, untuk kebutuhan sehari-hari juga kesulitan, karena anaknya saat ini masih sakit.

Kasmudji, penerima bantuan kursi roda lainnya juga merasa senang dengan bantuan ini. Kasmudji melalui Tutut anaknya mengucapkan terima kasih banyak atas bantuan kursi roda yang memang sangat dibutuhkan ayahnya.

“Kami terima kasih banyak atas kepeduliannya kepada ayah saya. Semoga bantuan ini nantinya berimbas baik kepada ayah saya,” kata Tutut.

Berita Terkait :  Jadwal Indonesia dalam Olimpiade Tokyo pada Minggu

Pemkot Kediri, kata Luluk Nita Kumala, setiap tahun juga selalu menganggarkan bantuan sosial untuk warga, termasuk yang disabilitas. Selain itu, yang disabilitas juga mendapatkan dampingan dari dinsos untuk mengembangkan kreativitasnya misalnya pijat maupun menyanyi.

Pandemi COVID-19 juga tidak menyurutkan langkah dari pemkot untuk selalu memerhatikan warga yang membutuhkan, termasuk disabilitas, katanya.

Berita ini sudah di terbitkan oleh Sumber Berita

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di BabatPost.com, Jangan Lupa Follow BabatPost.com di Google News

  • Share