Pembangunan Drainase Lamongan Dipercepat, Anggaran Dana Rp 100 Juta

  • Share

BabatPost.com – Pembangunan drainase di Kabupaten Lamongan dipercepat. Itu dilakukan agar pengentasan kawasan kumuh segera terealisasi. “Kita bangun drainase yang layak untuk pembuangan ke sungai, sehingga tidak ada jalan yang tergenang lagi kalau drainase lancar,” ujar Kabid Cipta Karya Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya Lamongan, Yayuk Sri Rahayu.

Menurut dia, tahun ini ada empat kecamatan prioritas yang menerima program percepatan dari kementrian. Yakni, Kecamatan Lamongan, Babat, Paciran, dan Brondong. Rata – rata, aokasi proyeknya Rp 100 juta. Dana itu untuk pengerukan dan pembangunan baru. Juga, mengganti drainase berbahan paving menjadi batu granit. Panjang perbaikannya sekitar 100 meter.

Berita Terkait :  4 Warga Turi digerebek akibat judi Domino

Menurut Yayuk, di Kecamatan Lamongan proyeknya di antaranya di timur Pasar Sidoharjo, Jalan Sumargo, Desa Sidomukti, dan Kelurahan Sukorejo. “Sebenarnya di luar empat kecamatan itu juga ada, tapi titiknya tidak hafal,” terangnya.

Yayuk mengatakan, drainase menjadi masalah serius yang harus segera diselesaikan. Sebab, perilaku masyarakat, khususnya kawasan perkotaan, sering membuang sampah di trotoar maupun selokan.

Menurut dia, drainase yang diperbaiki fokus pada pembuangan ke sungai, sebagai salah satu usaha menurunkan resiko banjir. Yayuk memastikan penanganan ini bukan hanya perbaikan drainase. Juga peningkatan jalan lingkungan dan pembangunan gorong-gorong. Namun kegiatannya dibagi dengan bidang lain agar cepat selesai dan bisa dirasakan manfaatnya untuk masyarakat. 

Berita Terkait :  PPKM, Penumpang KA Lamongan Masih Minim

Jangan Lewatkan berita lainnya hanya di Babatpost.com dengan cara Follow BabatPost di Google News

sumber : radarbojonegoro.jawapos.com

  • Share