Sebanyak 7.644 mahasiswa baru Unej dilantik secara daring

  • Share

Jember (BabatPost.com) – Rektor Universitas Jember (Unej) Iwan Taruna melantik sebanyak 7.644 mahasiswa baru angkatan 2021 dalam suatu upacara secara daring, Senin.

Mereka terdiri atas 7.062 orang yang menempuh pendidikan sarjana strata 1 (S-1) dan 582 orang diploma itu, akan menempuh perkuliahan di Universitas Jember di Kampus Jember, Bondowoso, Lumajang, dan Pasuruan, Provinsi Jawa Timur.

“Saya minta semua mahasiswa baru selalu mensyukuri kesempatan menempuh kuliah di perguruan tinggi dengan cara giat belajar dan aktif dalam semua kegiatan kemahasiswaan di kampus,” kata dia.

Ia menyampaikan selamat datang kepada seluruh mahasiswa baru Unej 2021 yang merupakan putra putri terbaik bangsa yang terbukti dengan prestasi mereka mampu berkompetisi dengan ribuan siswa lainnya yang juga ingin diterima di Universitas Jember.

Berita Terkait :  Bus mewah baru siap antar Arema FC mengaum di Liga 1

“Namun perlu diingat, perjalanan mahasiswa baru masih panjang, oleh karena itu pertahankan prestasi agar mimpi-mimpi kalian untuk menjadi generasi penerus bangsa dapat terwujud,” tuturnya.

Wakil Rektor I Unej Prof Slamin mengatakan dari semua jalur pendaftaran yang dibuka, total terdapat 79.294 siswa yang berminat kuliah di Unej. Data tersebut terdiri atas peminat di jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebanyak 22.591 orang, peminat dari jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sejumlah 33.428 orang.

Dari jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan –Diploma (PMDK-Diploma) ada 2.538 peminat, sedangkan di jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya (SBMPTBR) terdapat 17.479 siswa yang berminat masuk Universitas Jember.

Peminat di jalur Ujian Masuk Unej sejumlah 2.997 orang dan khusus bagi lulusan diploma tiga yang ingin meneruskan studi ke jenjang sarjana melalui jalur alih jenis tercatat pendaftar sejumlah 261 orang.

Berita Terkait :  Liga Champions: PSG cuma petik hasil imbang di markas Brugge

Dari keseluruhan jalur masuk di Kampus Une, tercatat sebanyak 2.154 mahasiswa baru yang sudah registrasi dari jalur SNMPTN, 3.390 mahasiswa baru dari jalur SBMPTN, 345 mahasiswa dari jalur PMDK-Diploma, 1.616 mahasiswa baru dari jalur SBMPTBR, dari jalur alih jenis ada 119 mahasiswa yang diterima.

Ia menjelaskan Unej juga mendidik 20 mahasiswa baru dari program Afirmasi Papua-Papua Barat dan daerah 3T. Khusus dari jalur UM Unej, proses daftar ulang masih berproses yakni sebanyak 555 orang yang diterima, sehingga memungkinkan data jumlah mahasiswa baru mengalami perubahan.

“Dari keseluruhan mahasiswa baru tahun ini, ada 1.608 orang yang kuliah gratis melalui program Kartu Indonesia Pintar-Kuliah,” ucap Slamin yang juga Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru tahun 2021.

Berita Terkait :  Kapolda Jatim tinjau vaksinasi masyarakat pesisir Gresik

Selanjutnya para mahasiswa baru wajib mengikuti program Pengenalan Kehidupan Kampus (PK2) pada 16-19 Agustus 2021 yang juga digelar secara daring melalui masing-masing fakultas.

“Materi PK2 beragam, dari pengenalan sistem pendidikan tinggi beserta cara belajarnya, termasuk program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka,” ujarnya.

Pihak Unej juga membekali mahasiswa baru dengan sikap dan pengetahuan guna pembentukan karakter dengan pemberian materi Pancasila, kebhinekaan dan waspada akan bahaya radikalisme termasuk penanggulangan perundungan dan pelecehan seksual.

Berita ini sudah di terbitkan oleh Sumber Berita

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di BabatPost.com, Jangan Lupa Follow BabatPost.com di Google News

  • Share