Cara tidak over thinking menghadapi masalah sehari-hari

  • Share

Kecemasan yang berlebihan bisa berdampak terhadap kesehatan. Padahal masalah akan selalu datang meskipun kamu berusaha untuk menyelesaikan. Maka dari itu penting untuk menjaga pola pikir agar tidak overthinking. Pikirkan hal-hal yang perlu saja, supaya tidak menghabiskan energi dan waktu berjam-jam untuk hal sepele. Bagi kamu yang terbiasa berpikir berlebihan, kamu perlu menerapkan beberapa cara tidak over thinking berikut.

Cara tidak over thinking, Cari akar penyebab

Jika kamu ingin mengatasi masalah overthinking, maka kamu harus menyelesaikan akar permasalahan terlebih dahulu. Mulai berusaha untuk menenangkan pikiran dan menganalisa dimana sumber masalahnya. Apakah penyebabnya berasal dari hubungan keluarga, pekerjaan, atau rekan kantor? Kamu perlu menelusuri satu persatu di benakmu. Dalam kasus orang yang over thinking pasti selalu ada akar permasalahan. Hal itulah yang harus diselesaikan.

Berita Terkait :  Beberapa amalan amalan yang bermanfaat bagi mayit

Refreshing

Mungkin selama pandemi kamu hanya sibuk berada di depan laptop. Kebiasaan tersebut bila diteruskan selama berbulan-bulan pasti akan membuat kamu jenuh. Tidak jarang juga akan berkembang pemikiran over thinking. Untuk mengobatinya kamu bisa mencoba refreshing dan melakukan hal yang berbeda. Refreshing akan bisa membantu pikiran menjadi lebih santai. Kegiatan tidak harus dilakukan diluar rumah, karena kamu bisa tetap melakukan banyak kegiatan baru dengan berada di dalam rumah. Beberapa kegiatan tersebut misalkan menonton drama Korea maupun mengubah tatanan letak perabotan di rumah.

Berita Terkait :  Tergesa-gesa adalah salah satu akhlak tercela

Hadapi apa yang menjadi ketakutan

Setiap orang pasti memiliki ketakutannya sendiri. Kamu bisa memilih untuk menghadapi atau mengabaikannya. Namun mengabaikan bukan merupakan suatu solusi, karena akan tetap membuat kamu terus over thinking. Sebagai gantinya kamu bisa mulai mencoba untuk berani melangkah menghadapi ketakutan. Lama kelamaan kamu akan bisa kembali menguasai pikiran dan menghilangkan apa yang menjadi ketakutan selama ini.

Cara tidak over thinking, Berusaha untuk terus bersyukur

Ketakutan juga bisa berasal dari rasa ketidak syukuran akan suatu hal. Jika kamu mulai berpikir berlebihan biasanya itu tanda kamu kurang bersyukur. Cobalah berubah. Biasakan untuk selalu bersyukur karena orang yang tinggal di sekeliling kita masih banyak yang belum seberuntung diri kita. Kita punya tempat berteduh ketika hujan turun. Sedangkan orang lain masih banyak yang belum memiliki rumah atau tempat berteduh. Dengan banyak-banyak bersyukur kamu akan mendapati apa yang menjadi ketakutan mulai berkurang.

Berita Terkait :  Bahaya orang kepo, jangan jadikan sebagai kebiasaan

Jangan biarkan berlarut-larut dan segera ambil keputusan

Setiap kali kamu takut akan suatu hal bila dibiarkan akan menjadi over thinking. Segera ambil langkah untuk mengatasi pikiran berlebihan tersebut. Pertimbangkan dari banyak segi agar keputusan yang diambil bisa tepat. Segera menyelesaikan permasalahan bisa membuat alam bawah sadar kamu lebih tenang. Hal ini berlaku terhadap segala jenis masalah.

  • Share