Beberapa adab setelah bangun tidur yuk terapkan

  • Share

Tidur merupakan aktifitas yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Sebagaimana mesin bila tidak diistirahatkan maka akan rusak, begitu pula tubuh manusia bila tidak diistirahatkan dengan tidur maka akan mudah sakit. Dari hal ini kita paham bahwa aktifitas tidur adalah nikmat yang sangat luar biasa yang dianugerahkan oleh Allah SWT kepada manusia. Karena tak jarang ditemui banyak orang yang memiliki masalah sulit tidur. Yang menyebabkan kesehatannya pun kadang terganggu. Dalam Islam pun mengatur akan hal ini, yang mana tidur juga merupakan aktifitas yang memiliki keutamaan. Seperti halnya dikatakan oleh para ulama bahwa tidur juga salah satu diantara ikhtiar menghindarkan diri dari maksiat. Ternyata dalam ajaran Islam, tidur juga ada adab adabnya. Baik adab sebelum hingga sesudah tidur. Berikut ini akan dipaparkan tentang beberapa adab setelah bangun tidur untuk dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Berita Terkait :  3 hal yang dirasa hanya membuang waktu saja, jangan dibiarkan!

Yang pertama adalah mengusap bekas tidur di wajah. Hal ini bertujuan agar wajar dapat terlihat kembali bugar yang mana hal ini juga dapat diikuti dengan membasuh muka. Sehingga wajah tidak hanya bugar namun juga segar, dan dapat lebih membuat diri semangat untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Kedua adalah membaca doa setelah bangun tidur. Sebagai wujud harapan agar aktifitas tidur yang dilakukan dapat membawa manfaat dan mashlahat bagi diri. Doa ini juga merupakan wujud rasa syukur karena telah mendapatkan nikmat mudah dalam tidur.

Berita Terkait :  Catat sekarang! 4 keputusan yang membuat hidupmu menjadi lebih baik

Menerapkan adab setelah bangun tidur

Adab setelah bangun tidur yang berikutnya menggosok gigi agar kembali segar dan harum. Tidak membawa bau nafas yang tidak enak dari bekas aktifitas tidur kita. Yang mana hal ini dapat diikuti dengan aktifitas bersiwak yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW

Yang keempat adalah membaca 10 ayat terakhir surat Ali Imran. Aktifitas tersebut adalah Sunnah yang dilakukan Rasulullah SAW yang rutin beliau lakukan setelah bangun tidur. Hal ini bisa kita teladani, dan tentu saja keutamaan mengikuti sunnah Rasulullah SAW akan kita dapatkan.

Berita Terkait :  Waktu waktu mustajab untuk orang yang sedang berpuasa

Adab adab setelah bangun tidur tersebut hanya sedikit dari sekian banyak adab lainnya yang dapat kita terapkan dalam hidup. Menerapkan adab sangat penting, juga kaitannya karena definisi orang yang baik tak luput dari adab yang baik juga.

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow BabatPost.com (TCT)

  • Share