Disenangi Rasulullah SAW: manfaat dan keutamaan selawat

  • Share

Islam sudah memberikan banyak kemudahan bagi seorang muslim dalam urusan ibadah, selawat contohnya. Selawat memiliki manfaat dan keutamaan dan menjadi salah satu ibadah yang agung bagi yang melakukannya. Lalu apa saja manfaat dan keutamaan dari selawat ?

Seperti dalam sabda Rasulullah SAW, “Jika orang berselawat kepadaku, maka malaikat juga akan mendoakan keselamatan baginya, untuk itu berselawatlah, baik sedikit ataupun banyak. “ (HR. Ibnu Majah dan Thabrani)

Dalam riwayat hadist di atas bisa dilihat apabila kita berselawat akan diberikan banyak keutamaan dan menjadi kebaikan bagi yang melakukannya.

Keutamaan selawat

Dapat mendatangkan rahmat dan karunia Allah SWT

Permohonan doa akan memberikan pengaruh yang baik, juga dapat mendatangkan rahmat serta karunia Allah SWT. Selawat juga merupakan doa, sehingga bagi seseorang yang berselawat berarti sudah mengundang karunia dan segala nikmat dari Allah SWT.

Berita Terkait :  Tata cara salat tahajud dan bacaan doa yang tepat

Keutamaan Selawat : diutamakan saat kiamat

Bagi seseorang yang rutin berselawat, maka saat kiamat nanti akan lebih diutamakan dari sekian banyak orang dan ini merupakan fadhilah dari selawat.

Seperti dalam hadits, “ Sesungguhnya lebih utama bagiku manusia besok pada hari kiamat, adalah mereka yang lebih banyak membaca Selawat kepadaku.“ (HR. Turmudzi dari Ibn’ Mas’ud Ra)

Disenangi oleh Rasulullah SAW

Sebagai umat muslim yang sangat dibanggakan Allah SWT, sudah sepantasnya jika kita juga mencintai Rasulullah SAW dengan selalu menyebut nama beliau setiap kali saat kita berselawat.

Berita Terkait :  3 amalan yang dapat memperpanjang usia menurut ajaran Islam

“Sesungguhnya aku membanggakan adanya kalian kepada umat-umat yang lainnya.“

Akan diangkat 10 derajat dan dihapuskan 10 keburukan

Jika kita berselawat 1 kali saja sudah mendatangkan pengangkatan 10 derajat orang yang membacanya, dan juga akan dihapuskan 10 kali kesalahan. Banyakan saja jika selawat dilakukan secara terus menerus, maka akan banyak sekali kesalahan yang dihapus dan berkali-kali lipat pengangkatan derajat.

Abas bin Malik berkata, telah bersabda Rasulullah SAW, “Barang siapa yang berselawat kepadaku satu kali, niscaya Allah akan berselawat kepadanya sepuluh kali dan dihapus darinya sepuluh kesalahan, diangkat baginya sepuluh derajat.“ (HR. An-Nasa’I no. 1296)

Berita Terkait :  Was-was anjing dan cara mengatasinya agar tidak khawatir lagi

Keutamaan selawat : Diberikan pengampunan dosa

Akan diberikan pengampunan dosa bagi mereka yang membaca selawat, dengan didasari keimanan, kecintaan dan juga keikhlasan dalam membaca selawat tersebut.

“Wahai Abu Kahil, barang siapa membaca selawat untukku setiap hari sebanyak tiga kali dan setiap malam sebanyak tiga kali, karena cinta dan rindu kepadaku, maka Allah SWT mewajibkan atas diri-Nya untuk mengampuni dosa-dosanya pada malam dan hari tersebut.” (HR Ibnu Abi Ashim dan Ath-Thabrani).

Itu tadi beberapa manfaat dan keutamaan dari selawat. Semoga bermanfaat.

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow BabatPost.com (TCT)

  • Share