Cara memberikan saran yang tidak menyinggung perasaan

  • Share

Manusia memang sudah biasa berhubungan dengan kondisi yang serba tidak sempurna. Justru ketidaksempurnaan mendorong bisa terus belajar untuk memperbaiki diri menjadi semakin sempurna. Dalam proses perbaikan sebetulnya memerlukan saran. Hanya saja sebagian besar orang memberikan saran dengan cara yang tidak baik dan menyinggung perasaan. Cara yang salah dan menyinggung perasaan, malah akan membuat kondisi menjadi semakin runyam. Apalagi bila memberikan masukan kepada para perempuan. Perasaan mereka jauh lebih sensitif, sehingga harus disampaikan dengan lebih hati-hati. Seluruh cara memberikan saran agar bisa diterima coba kamu lihat berikut.

Berikan pujian terlebih dahulu

Meskipun semua orang memerlukan saran, kenyataannya tidak semua mau menerimanya dengan lapang dada. Untuk membuat mereka mau mendengarkan masukkan, pujilah terlebih dahulu. Amati apa yang menjadi kelebihan dari seseorang, karena setiap orang sebetulnya memiliki kelebihan tersebut. Puji pada bagian yang menjadi kelebihan mereka sebelum memberikan saran. Menggunakan trik yang satu ini saran akan menjadi lebih mudah untuk diterima. Orang-orang menjadi cenderung tidak terlalu defensif dan dapat menghindarkan terjadinya kesalahpahaman.

Selalu pakai kata maaf

Trik lain yang perlu diterapkan setiap kali memberi saran adalah gunakan kata maaf. Kamu harus memberikan kata maaf pada pembukaan. Perkataan maaf bisa membuat orang lain menyadari bahwa mereka tidak ingin untuk mencari masalah dengan memberikan masukan tersebut. Perkataan yang satu ini dapat mencegah timbulnya salah paham juga ketika proses komunikasi berlangsung. Mengucapkan kata maaf juga bisa membuatmu dicap menjadi orang yang sopan oleh lawan bicara yang ingin di berikan masukan. Perkataan maaf di awal kata justru bisa membuat suasana juga menjadi cair, sehingga tidak terjadi ketegangan.

Berita Terkait :  Bijaklah dari sekarang! 4 alasan dalam menghargai pilihan hidup orang lain

Berikan solusi ataupun pilihan

Memberikan kritik tanpa ada solusi sama saja bohong. Karena kebanyakan orang sudah mentok dalam berpikir mencari solusi. Hanya segelintir orang yang mampu memikirkan solusi yang tepat untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Dengan memberikan kritik yang disertai dengan saran, sama saja dengan kamu memberikan solusi. Tentunya dalam proses memberikan solusi juga tidak boleh melupakan point 1 dan ke-2. Semakin detail solusi yang kamu berikan mungkin justru bisa memberikan inspirasi terhadap orang yang di berikan saran. Dengan memberikan solusi itu akan membuat kamu menjadi orang yang tidak hanya pintar dalam mengomentari kesalahan orang.

Berita Terkait :  Kelelahan mental bisa melanda siapapun, kenali dan simak yuk!

Kamu yang ingin lebih banyak tips-tips berperilaku sesuai Islam bisa follow BabatPost.com.

  • Share