3 faktor yang membuat anda seakan merasa tidak berguna, hindarilah!

  • Share

Manusia pasti pernah merasakan berada di titik terendah dalam hidupnya bahkan merasa bahwa hidup sudah terasa tidak berguna. Jika pemikiran seperti, alangkah baiknya untuk membuang pikiran tersebut. Ini bisa berakibat pada diri anda yang dapat terjerumus ke dalam hal-hal yang tida diinginkan. Jika anda sudah merasakan gejala seperti itu, maka kamu perlu mencegah dan mengenali berbagai faktor yang membuat anda merasa seperti itu. Berikut ini beberapa faktor yang membuat anda seakan merasa tidak berguna, jangan sampai ini terjadi.

Ada masalah yang harus di hadapi saat ini

Setiap manusia pasti mempunyai masalah yang berbeda-beda, entah masalah dengan keluarga, keuangan dan masalah lainnya. Jika dibiarkan terus menerus tanpa menemukan solusi yang konkrit. Yang ada kamu akan terjebak dalam pemikiran bahwa kamu tidak dapat menyelesaikan masalah tersebut. Padahal Allah menguji hambanya tidak melebihi batas kemampuan para hambanya, artinya selagi kamu mampu menyelesaikannya. Maka insha Allah derajatmu akan meningkat karena anda sudah melalui ujian tersebut. Jika memiliki masalah, tak ada salahnya untuk bercerita kepada orang yang sudah kamu percaya. Selain meringakan apa yang ada di pikiran juga sekaligus mencari solusi bersama.

Pola pikir negatif

Pola pikir negatif yang melanda setiap manusia pastinya akan mendatangkan hal-hal negatif juga. Yang dimana dalam pandanganmu, hal apapun bagimu tidak ada sisi positifnya sama sekali. Jika sudah seperti, yang ada kamu tidak pernah melihat kebaikan di dalam hal tersebut. Ubahlah pemikiran tersebut dan ubahlah sudut pandang anda, karena dunia ini luas tidak seperti yang ada di pemikiran anda. Allah SWT menciptakan beragam jenis manusia dan anda bisa memilih mana yang baik dan buruk. Jika anda ingin di tuntun ke arah yang lebih baik, maka anda perlu mencari mentor untuk membimbing serta mengubah pemikiranmu ke arah yang lebih baik.

Berita Terkait :  Stres Dapat Picu Sembelit

Baca juga: Manfaat berlapang dada terhadap hujatan orang lain

Tujuan hidup tidak terarah

Hidup jika tidak memiliki tujuan yang pasti, maka anda tidak akan tahu harus kemana hidup anda kedepannya. Pastikan kamu sudah memiliki tujuan hidup dalam jangka beberapa tahun ke depannya. Ini bertujuan agar kamu memiliki kehidupan yang bermakna sekaligus membuang perasaan bahwa hidup ini tidak berguna. Ingat, Allah SWT menciptakan manusia dalam bentuk yang sempurna dan menciptakan semuanya tidak dengan sia-sia. Berikan hal positif dalam hidup dengan melakukan berbagai kegiatan positif, selain membahagiakan diri sendir juga orang lain di dalamnya.

Berita Terkait :  Was-was anjing dan cara mengatasinya agar tidak khawatir lagi

Itulah tadi beberapa faktor yang membuat anda seakan merasa tidak berguna. Semoga bermanfaat. (TCT)

  • Share