Habis makan ngantuk, jangan langsung tidur ya guys!

  • Share

Hayo siapa yang di sini sering merasakan habis makan ngantuk? Jangan dituruti untuk langsung tidur ya, karena bisa berdampak terhadap kesehatan. Kita akan membahas apa penyebab dari rasa kantuk setelah makan. Kita akan membahasnya melalui segi kesehatan yang dilansir langsung dari Alo Dokter dan Hello Sehat.

Penyebab habis makan ngantuk

Mengantuk setelah makan merupakan hal yang umum terjadi hampir pada setiap manusia. Rasa kantuk yang timbul ketika saatnya bekerja, tentu akan bisa mempengaruhi aktivitas sehari-hari. Mengetahui penyebabnya dapat membantu kamu mengelolanya, sehingga tidak memutuskan tidur. Segala penyebabnya dapat kamu simak yuk.

Berita Terkait :  Shafiyyah binti Huyai: Wanita Yahudi yang Mulia dalam Islam

Pengaruh hormon ketika pencernaan bekerja

Setiap makanan dan minuman yang masuk ke lambung dan usus akan dicerna. Tubuh akan memproduksi sejumlah hormon khusus yakni melatonin dan serotonin. Kedua hormon tadi membuat tubuh merespon ngantuk. Meskipun mengantuk kamu tidak boleh langsung tidur. Pertama karena memang sedang berada di jam kerja kantor. Kedua memutuskan tidur langsung setelah makan justru bisa membuat perut kamu membesar alias buncit.

Terjadi perubahan aliran darah yang ada di otak

Penyebab rasa kantuk setelah makan juga bisa disebabkan oleh perubahan aliran darah yang pergi ke otak. Saat seseorang mengkonsumsi makanan, aliran darah akan lebih dipusatkan ke sistem pencernaan. Akibatkan pasokan nutrisi dan oksigen yang pergi ke otak sedikit berkurang. Hal inilah yang menyebankan kita mengantuk. Umumnya hal tersebut hanya berlangsung sebentar saja.

Berita Terkait :  3 amalan yang dapat memperpanjang usia menurut ajaran Islam

Penyebab habis makan ngantuk, Kekurangan tidur

Hayo siapa di sini yang hobi begadang? Jangan dibiasakan ya, karena kekurangan tidur juga bisa berdampak buruk terhadap kesehatan. Kekurangan tidur dapat memicu munculnya rasa lapar. Akhirnya seseorang memutuskan untuk ngemil, sehingga lebih cepat terasa ngantuk. Itulah mengapa orang yang kekurangan tidur berpotensi mengalami obesitas dan punya kesehatan yang tidak baik. Jumlah jam tidur yang harus dimiliki seseorang saat malam adalah 7 hingga 9 jam.

Jarang berolahraga

Orang yang punya pekerjaan di depan laptop harus menyempat diri untuk berolahraga. Kekurangan olahraga dapat membuat imunitas berkurang. Sistem kardiovaskular yang bekerja juga menjadi kurang efektif. Alhasil tubuh sangat mudah menjadi lelah dan akan langsung terasa sesaat setelah mengkonsumsi makanan. Biar tubuh lebih bugar dan tidak merasa sangat mengantuk, maka kamu bisa mulai berolahraga rutin. Usahkaan sehari berolahraga selama 20 menit. Kamu bisa sekalian mencoba membersihkan rumah dengan durasi tersebut bila memang sangat sibuk.

  • Share