Ronald Koeman Jelaskan Alasannya Bermain dengan Formasi 3-5-2 Kontra Bayern

  • Share

Berita Liga Champions: Ronald Koeman menekankan bahwa dirinya akan menggunakan formasi sesuai dengan pertandingan, setelah menerapkan 3-5-2 kala Barcelona dihancurkan oleh Bayern Munich dengan skor 0-3.

La Blaugrana mengawali langkahnya di Liga Champions dengan dikandaskan tiga gol tanpa balas lewat dwigol Robert Lewandowski dan sebuah sepakan terdefleksi oleh Thomas Muller.

Selagi Bayern Munich mendominasi di Camp Nou, Barcelona tak mencatatkan tembakan ke gawang kawalan Manuel Neuer sekali pun di sepanjang pertandingan, dan formasi 3-5-2 yang diturunkan oleh Ronald Koeman mendapatkan kritikan keras.

Itu karena Barca identik dengan formasi 4-3-3 selagi memainkan sepak bola bergaya tiki-taka di masa-masa kejayaannya, namun Koeman menekankan bahwa formasi yang diturunkan olehnya akan disesuaikan tergantung tipe laga yang akan dilakoninya.

“Ada berbagai sistem untuk memenangkan pertandingan dan banyak tim yang menggunakannya,” kata sang pelatih asal Belanda dalam konferensi pers jelang laga kontra Granada, dikutip dari Marca.

“Itu bergantung kepada para pemain. Sistem dasarnya adalah 4-3-3 namun itu bergantung kepada jumlah penyerang yang Anda miliki atau defender yang tersedia. Jika kami bermain terbuka kontra Bayern, maka itu akan menjadi kekalahan yang jauh lebih telak.”

Koeman memang tak memiliki banyak penyerang dalam timnya pada saat ini, seiring dengan cedera yang mendera Martin Braithwaite, Sergio Aguero, Ousmane Dembele, dan Ansu Fati.

Mereka kalah dengan skor 2-8 dalam pertemuan terakhir dengan FC Hollywood, jadi Koeman mengaku cukup puas dengan raihan dari timnya yang banyak diisi oleh para pemain muda.

“Saya lebih kepada realistis ketimbang oportunistis. Lebih dari setahun yang lalu, Barcelona kalah dengan skor 2-8 dengan diperkuat oleh [Lionel] Messi, [Luis] Suarez, dan [Antoine] Griezmann,” katanya. “Kemarin, kami memulai dengan para pemain muda seperti [Alejandro] Balde, Gavi, [Yusus] Demir, dan [Oscar] Mingueza.”

Dapatkan update berita lainnya hanya di BabatPost.com, Jangan Lupa Follow BabatPost.com di Google News

  • Share