Bahaya orang kepo, jangan jadikan sebagai kebiasaan

  • Share

Manusia seringkali punya pemikiran yang ingin serba tahu. Namun bila tidak dibatasi bisa juga berkembang menjadi kepo. Pahamilah bahwa sikap kepo justru bisa menjerumuskan orang ke dalam permasalahan rumit orang lain. Tidak jarang juga justru memacu terjadinya putus hubungan dengan teman maupun saudara. Kamu perlu tahu bahaya orang kepo dengan cek alasannya di bawah ini.

Bahaya orang kepo, Memacu jadi orang sombong

Hobi kepo bisa mendatangkan sifat sombong ketika orang yang dikepoin ternyata tidak punya banyak kelebihan. Misalkan saja ternyata mereka lebih jelek, tidak kaya, atau tidak keren. Semua alasan tersebut bisa mendorong hati menjadi sombong. Padahal kesombongan sedikit apapun tidak bisa masuk surga. Jauh-jauh dari sifat kepo untuk mencegah munculnya penyakit hati kesombongan.

Berita Terkait :  Kebaikanmu tidak terbalas, terapkan 3 sikap ini dari sekarang

Bisa membuat orang tidak bersyukur

Dampak buruk kepo lainnya adalah bisa membuat seseorang tidak bersyukur. Banyak fenomena dari orang yang tidak bersyukur setelah mengetahui bahwa tetangganya atau teman baru saja mendapatkan banyak rezeki. Secara tidak sadar dia akan langsung membandingkan dengan hal-hal yang sudah dia miliki. Dari situlah muncul perasaan tidak bersyukur akibat sikap kepo. Padahal bisa jadi apa yang dimiliki sesungguhnya diinginkan oleh orang lain.

Bahaya orang kepo, Membuat jadi tidak bahagia

Semua orang yang hidup tidak perlu cari masalah sudah pasti masalah akan datang menghampiri. Menjadi orang yang kepo sama saja dengan cari masalah tambahan. Semakin kepo maka akan semakin banyak orang yang membencinya, karena dianggap terlalu suka ingin tahu urusan orang lain. Setelah tahu terhadap permasalahan yang dialami orang lain pun tidak membuat orang yang mengetahuinya jadi bahagia. Seringkali mereka mendapatkan energi negatif dan menumpuk di pikiran. Akhirnya bisa berdampak membuat diri menjadi gelisah dan mengganggu kesehatan.

Berita Terkait :  Shafiyyah binti Huyai: Wanita Yahudi yang Mulia dalam Islam

Dijauhi banyak orang

Sebagian besar orang kepo biasanya akan punya penyakit penyerta suka bergunjing. Sudah menjadi nasib orang yang suka ngegosip akan dijauhi banyak orang. Orang akan enggan menceritakan masalah yang tengah dihadapi kepada orang kepo-an. Tanpa disadari orang-orang yang kepo-an akan punya teman yang sama-sama kepo-an. Nggak jarang juga mereka jadi bahan gunjingan dari teman-temannya yang juga kepo-an. Bila tidak ingin digunjingkan, berhentilah menjadi orang kepo-an yang doyan gosip. Kita juga pasti tidak senang bukan bila urusan kita dikepoin orang lain yang tidak berkepentingan.

Berita Terkait :  Air bukan sekadar air, inilah jenisnya dan cara mensucikan jenis najis

Kamu bisa mengetahui informasi berguna lainnya seputar kehidupan dan Islam hanya dengan follow BabatPost.com. (TCT)

(https://muslima.hops.id/bahaya-orang-kepo-jangan-jadikan-sebagai-kebiasaan/)

  • Share