Mengenal Apa Itu NFP Pada Trading dan Cara Memanfaatkannya

  • Share
Mengenal Apa Itu NFP Pada Trading dan Cara Memanfaatkannya

BabatPost.com – Apabila Anda berkecimpung dalam pasar keuangan, maka Anda akan menemukan bahwa rilis laporan NFP merupakan sebuah event yang menjadi sorotan pelaku pasar dari berbagai negara di seluruh dunia.

Mengapa demikian? Ini karena efek positif atau negatif Non-farm Payrolls bisa memengaruhi pergerakan harga aset di pasar saham, obligasi, forex, maupun sekuritas lainnya.

Karena Dolar AS (USD) merupakan mata uang utama dalam sistem pembayaran dunia, maka dampak NFP bisa merubah nilai USD sedemikian rupa hingga mengakibatkan berbagai mata uang lain melemah atau menguat dalam waktu singkat.

Daftar Isi

Apa itu NFP?

NFP adalah singkatan dari Non-farm Payrolls, yang menunjukkan tingkat ketenagakerjaan AS di sektor nonpertanian, atau dengan kata lain, NFP merepresentasikan jumlah tenaga kerja dalam satu bulan, tetapi tidak termasuk tenaga kerja dari sektor pertanian, pemerintahan, rumah tangga, dan lembaga-lembaga nonprofit.

Berita Terkait :  Kericuhan terjadi di stadion Tugu ketika Bonek tunggu kedatangan Menpora

NFP merupakan salah satu indikator paling penting dalam ekonomi Amerika Serikat, serta yang paling ditunggu oleh semua trader di seluruh dunia.

NFP dirilis setiap bulan dan merepresentasikan data untuk bulan sebelumnya. NFP selalu memberikan dampak terhadap pasar, sehingga kerap membuatnya volatil. Dan karena hasil rilisnya memengaruhi nilai tukar USD, trader selalu waspada menjelang perilisannya.

Dampak dan Pengaruh NFP

Secara umum, membaca hasil NFP tidaklah begitu sulit: semakin banyak jumlah tenaga kerja, kondisi ekonomi suatu negara akan semakin stabil, dan semakin banyak pula yang mereka dapat hasilkan; dengan begitu, pengeluaran konsumen secara keseluruhan akan naik.

Secara logis, ketika kondisinya berbalik, dan tingkat pendapatan masyarakat menjadi lebih rendah, maka ekonomi akan memburuk. Jadi, NFP menunjukkan kemungkinan arah pergerakan kurs USD.

Biasanya, data Non-farm Payrolls diumumkan oleh US Bureau of Labor (BLS) setiap bulan pada hari Jumat pada minggu pertama, antara pukul 19:30 atau 20:30 WIB. Jadwal ini dapat berubah sewaktu-waktu apabila bertepatan dengan hari libur nasional atau ada kendala tak terduga.

Berita Terkait :  Ibunda Gloria Paskibra kirim surat ke Presiden Jokowi, begini suratnya

Namun, Non-farm Payrolls seringkali dipublikasikan tepat waktu bersama serangkaian data ketenagakerjaan Amerika Serikat lainnya seperti tingkat pengangguran, tingkat partisipasi angkatan kerja, rerata pertumbuhan gaji per-jam, dan lain sebagainya.

Dibandingkan semua data ketenagakerjaan Amerika Serikat lain, Non-farm Payrolls memiliki pengaruh terbesar. Kenaikan atau penurunan angka dalam laporan Non-farm Payrolls dapat mengakibatkan pasangan mata uang GBP/USD dan EUR/USD mengalami perubahan antara 50-250 pips dalam hitungan menit saja!

Sebagai contohnya, perhatikan grafik harga pasangan EUR/USD pada time frame 1 jam yang diambil sekitar rilis Non-farm Payrolls pada tanggal 7 Desember 2018 berikut ini. Secara khusus, perhatikan candle dalam kotak warna merah.

Tips trading dengan NFP

Seperti yang telah kami sebutkan, NFP sangat memengaruhi nilai tukar USD. Dalam waktu yang lama, pantau terus pasangan-pasangan mata uang mayor yang melibatkan USD, khususnya EUR/USD, GBP/USD dan USD/JPY.

Berita Terkait :  Prediksi Liga 1 Persipura vs PSM Makassar 27 September 2017

Hal terpenting yang harus diperhatikan saat trading NFP adalah kesabaran dalam mengawasi pasar untuk mencerna informasi baru, tanpa terburu-buru bertindak sampai tiba pada waktunya untuk mengikuti tren. Periode volatilitas terbesar adalah 30 menit pertama setelah perilisan, walaupun dampaknya masih bisa bertahan selama 2 jam.

Awasi terus indikator-indikator teknikal dan pemicunya. Ingat, pasar kerap “berubah-ubah kondisi” pada momen tersebut, sehingga patut untuk memerhatikan tren dengan hati-hati dan trading sesuai dengan suasana pasar, karena perubahan selalu berpotensi terjadi pada poin-poin tertentu.

Untuk menjamin keamanan dana Anda, sebaiknya tidak membuka order tepat sebelum perilisan. Jika Anda sebelumnya sudah membuka order, disarankan untuk menutupnya beberapa menit sebelum data NFP diumumkan secara publik.

  • Share