Capaian ini bisa menjadi inspirasi bagi para perempuan Indonesia lainnya.

Surabaya (BabatPost.com) – Sejumlah pengamat politik menilai masuknya nama Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa dalam daftar 500 tokoh Muslim berpengaruh di dunia tahun 2022 menjadi inspirasi bagi perempuan Indonesia.

Direktur Eksekutif IndoStrategic sekaligus Managing Director Paramadina Public Policy Institute (PPPI) Dr A Khoirul Umam dihubungi wartawan dari Surabaya, Minggu, menilai masuknya nama Khofifah wujud pengakuan terhadap perannya di ruang politik dan kebijakan publik.

“Capaian ini bisa menjadi inspirasi bagi para perempuan Indonesia lainnya, khususnya kalangan Nahdliyin dan Muslimah Indonesia pada umumnya,” ujar dia.

Umam menyebut, di saat sama, prestasi Khofifah ini bisa jadi catatan bekalnya untuk masuk bursa kepemimpinan nasional Indonesia ke depan.

Berita Terkait :  Wapres: ASN berintegritas dukung keberlanjutan ekosistem antikorupsi

Hal senada disampaikan pengamat asal Surabaya Survey Center Surokim Abdussalam yang mengatakan sebagai negara dengan penduduk Muslim moderat terbesar di dunia munculnya para pemimpin berpengaruh dari Indonesia layak disyukuri.

Menurut dia, Khofifah mampu menciptakan ruang hidup yang adil dan aman bagi komunitas lintas agama, baik pada skala nasional maupun regional.

“Salah satu bukti yang ditunjukkan adalah saat mengikuti konstelasi politik pada 2019, dia memerankan sebagai pendukung kuat persatuan lintas agama di Indonesia,” katanya.

Khofifah selalu mengingatkan bahwa Jawa Timur dan Indonesia sendiri terdiri atas banyak ragam ras dan kepercayaan.

Berita Terkait :  Thailand dibuka kembali untuk wisatawan asing

“Beliau mengajak masyarakat saling bersatu padu, bukan tercerai-berai. Peran tersebut merupakan amanah yang diemban selaku pelaksana roda pemerintahan,” ujar dia.

Pada sektor kemandirian ekonomi, perempuan yang juga Ketua PP Muslimat NU itu menggagas program “One Pesantren One Product” (OPOP) Jatim.

Program ini memberdayakan santri untuk menciptakan kemandirian umat melalui produk khas pesantren yang diharapkan dapat bersaing pada kancah internasional dan dikenal oleh umat Muslim dunia.

“Pengakuan itu punya efek kuat terhadap perkembangan organisasi perempuan di Indonesia untuk bisa berkiprah lebih luas di luar wilayah domestik. Selamat untuk Ibu Khofifah, selamat juga untuk masyarakat Jatim,” kata Dekan FISIB UTM tersebut.

Berita Terkait :  Gubernur Bali : Tol Bali akan menjadi tol terindah di dunia

Nama Gubernur Jatim yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa masuk pada daftar 500 tokoh Muslim sekaligus menjadi pendatang baru sebagai tokoh berpengaruh di dunia tahun 2022 di bidang politik bersama sejumlah tokoh baru lainnya.

Selain nama Khofifah Indar Parawansa, “The Muslim 500” juga mengindeks sejumlah nama tokoh Muslim di Indonesia sebagai tokoh berpengaruh di dunia.

Beberapa di antaranya ialah Presiden Joko Widodo di urutan ke-13, Ketua PBNU Prof Said Aqil Siradj di urutan ke-19, Habib Luthfi bin Yahya di urutan ke-32, dan Prof Dr Din Syamsuddin dalam kategori Honourable Mentions.